Skip to main content

Drs. H. Lukman, M.Pd.I: Enam Landasan Filosofis Kurikulum 2013

Drs. H. Lukman, M.Pd.I saat saat memberikan materi Konsep Kurikulum 2013 pada kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru PAI Tingkat SD, Sabtu (25/4)
Berdasarkan Undang-Undang Nomor  20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,  Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk itu tugas guru sangat penting dalam pembangunan bangsa Indonesia, jelas Drs. H. Lukman, M.Pd.I saat memberikan materi Konsep Kurikulum 2013 pada kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru PAI Tingkat SD, Sabtu (25/4) di Gedung Pendidikan Kantor Kemenag Karimun.

Selanjutnya, Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Kepri ini menyampaikan bahwa ada enam Landasan Filosofis Kurikulum 2013, yaitu:

  1. Pendidikan Berakar Pada Budaya Bangsa, Kehidupan Masa Kini Dan Membangun Landasan  Kehidupan Masa Depan.
  2. Pendidikan Adalah Proses Pewarisan  Dan Pengembang Budaya .    
  3. Pendidikan Memberikan Dasar Bagi Untuk Peserta Didik Berpartisipasi Dalam Membangun Kehidupan Masa Kini.
  4. Pendidikan Mengembangkan Berbagai Potensi Yang Dimiliki Peserta Didik
  5. Pendidikan Adalah Proses Pengembangan Jatidiri Peserta Didik.
  6. Pendidikan Menempatkan Peserta Didik Sebagai Subjek Yang Belajar
“Ide kurikulum harus  competency-based curriculum, berdasarkan standard-based , berakar pada budaya, mempersiapkan untuk kehidupan masa kini dan masa depan, menekankan pada keseimbangan antara soft skills dan hard skills, dan sekolah tak terpisah dari masyarakat” Jelasnya.

Dalam pemaparan selanjutnya, H. Lukman menyampaikan 3 kualifikasi kelulusan siswa SD/MI dihadapan 30 peserta Bimtek Kurikulum 2013 bagi Guru SD PAI, yakni Kualifikasi Sikap, Kualifikasi Pengetahuan dan Kualifikasi Keterampilan.

“Kualifikasi Sikap, yakni memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain.” Jelasnya.

“Kualifikasi Pengetahuan, yakni memiliki pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,  dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain” tambahnya.

“Dan Kualifikasi Keterampilan, yakni memiliki kemampuan pikir dan tindak yang produktif  dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret  sesuai dengan yang  ditugaskan kepadanya.” Pungkasnya.

Selain menjelaskan tentang Standar  Kompetensi Lulusan, H. Lukman juga menyampaikan tentang Standar  Isi, Standar  Proses dan Standar  Penilaian kepada peserta Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru PAI tingkat SD tersebut.

Comments