Skip to main content

Masyarakat Yang Terbangun Dari Keluarga Sakinah Adalah Masyarakat Marhamah

Drs. H. Kholif Ihda Rifai: Masyarakat Yang Terbangun Dari Keluarga Sakinah Adalah Masyarakat Marhamah
Kabupaten Karimun - Salah satu upaya mewujudkan keteladanan kepada para keluarga Muslim  dalam membentuk Keluarga yang Sakinah mawaddah warahmah adalah melaksanakan pemilihan Keluarga Sakinah Teladan mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga tingkat Nasional.

"Setiap tahun kita terus melaksanakan Kegiatan Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan ini, sebagai salah satu upaya mewujudkan Keluarga Sakinah bagi setiap keluarga muslim di Kabupaten Karimun khususnya, dan ini adalah program nasional" jelas Drs. H. Kholif Ihda Rifai, hari ini, Rabu (29/4/2015)

"Tahun ini kita akan melaksanakannya pada tanggal 4 hingga 5 Mei 2015 dan akan diikuti sebanyak 12 pasangan dari perwakilan 12 kecamatan,"
 
Keluarga, jelas Drs. H. Kholif Ihda Rifai, merupakan unit terkecil yang penting dalam pembentukan dan pembinaan keluarga sakinah. Keluarga akan membentuk karakter dan berpengaruh kepada lingkungannya, jika karakter itu baik maka akan berpengaruh baik kepada lingkungannya, tetapi sebaliknya jika tidak baik maka akan berpengaruh tidak baik pula kepada lingkungannya yang tidak baik, karakter itu juga akan berpengaruh luas bahkan akan menjelma menjadi karakter bangsa.

"Masyarakat yang terbangun dari keluarga-keluarga sakinah adalah masyarakat marhamah yang selanjutnya membentuk bangsa yang baldatun thayibatun warabbun ghafur. Untuk menjadikan keluarga bangsa yang sakinah, maka diperlukan keteladanan, hal ini menjadi penting karena keteladanan akan ditiru, diikuti dan diteladani oleh masyarakat secara luas dan ini akan berdampak baik bagi penciptaan karakter bangsa yang baik di tengah meluasnya pengaruh budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur agama dan akhlakul karimah sebagai efek negatif dari globalisasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi informasi dewasa ini." lanjutnya.

Masih menurut Drs. H. Kholif Ihda Rifai Kasi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Karimun bahwa Keluarga Sakinah adalah keluarga yang dibina atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan spiritual dan material secara layak dan seimbang, diliputi suasana kasih sayang antara anggota keluarga dan lingkungannya dengan selaras, serasi, serta mampu mengamalkan, menghayati dan memperdalam nilai-nilai keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia dalam kehidupan bermasyarakat.

Comments