Skip to main content

Drs. H. Afrizal: Minta Guru TPQ Mengajar dengan Penuh Keikhlasan dan Kesabaran

Drs. H. Afrizal: Minta Guru TPQ Mengajar dengan Penuh Keikhlasan dan Kesabaran
Kabupaten Karimun – Keberadaan TPQ saat ini sudah diakui keberadaanya, hal ini bisa dilihat di UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan dan PMA RI Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam.
 
“Taman Pendidikan Al-Quran TPQ adalah lembaga pendidikan keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran bacaan, tulisan, hafalan dan pemahaman Al-Quran,” jelas Drs. H. Afrizal.

“Adapun tujuan TPQ adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis, memahami dan mengamalkan kandungan Al-Quran,” lanjutnya.

Materi utama sebagai kurikulum Taman Pendidikan Al-Quran lanjut Drs. H. Afrizal adalah membaca, menulis dan menghapal ayat-ayat Al-Quran, tajwid serta menghapal doa-doa utama dan dapat diselenggarakan di Masjid, Mushalla, Ruang Kelas atau Ruang Belajar Lain Yang Memenuhi Syarat. Karena TPQ ini adalah salah satu lembaga pendidikan keagamaan yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Dengan jumlah TPQ sebanyak 307, ustadz/dzah sebanyak 1.422 dan 20.489 santri. Keberadaan TPQ di Kabupaten Karimun masih memiliki beberapa permasalahan yang perlu upaya pembenahan dan peningkatan. Diantaranya laporan bulanan yang sering telat, kompetensi guru TPQ, kelengkapan administrasi TPQ, masih minimnya sarana dan prasarana, dukungan orang tua santri dan permasalahan lainnya.

“Untuk itu, semua permasalahan ini harus kita selesaikan bersama, dukungan dari Pemerintah Daerah tentu masih sangat kita butuhkan, terutama terkait kesejahteraan guru-guru TPQ.” Lanjutnya.

Selanjutnya, Drs. H. Afrizal meminta guru TPQ untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mengajarnya.

“Karena Semakin Profesional guru TPQ mengajar, semakin mudah santri Menerima Pelajaran. Dan lebih penting lagi mereka akan selalu mengingat Anda.” Tambahnya.

Sebagai penutup, Drs. H. Afrizal meminta guru TPQ di Kabupaten Karimun mengajar dengan ikhlas dan sabar, karena balasan tertinggi yang didapat oleh guru TPQ adalah pahala yang berlipat dari Allah SWT yang terus mengalir sebagai amal jariah dan ilmu bermanfaat.

Comments