Skip to main content

Maghrib Mengaji di Masjid Nurul Islam Kecamatan Meral


Maghrib Mengaji di Masjid Nurul Islam Kecamatan Meral

Kabupaten KarimunOrang tua diminta terus membetengi anak-anak mereka dengan pendidikan agama agar tidak mudah terpengaruh dengan arus globalisasi dan informasi yang negatif. Salah satu upaya tersebut adalah menggalakkan anak-anak untuk mengaji selesai melaksanakan shalat magrib. Hal ini diuangkapkan oleh Kasubbag TU Kantor Kemenag Kabupaten Karimun Drs.H. Jamzuri dalam sambutannya pada kegiatan gerakan magrib mengaji yang dilaksanakan di masjid Nurul Islam Kecamatan Meral, Sabtu (02/5/2015) malam.

“Jadi marilah kita mengajak anak-anak kita selesai melaksanakan shalat magrib untuk tidak menghidupkan televisi, radio atau handphone, tetapi membuka al-Quran dan membacanya.”

Selanjutnya Drs. H. Jamzuri membacakan Ayat Al-Quran yang artinya: Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Menurutnya, gerakan magrib mengaji ini bertujuan untuk mensosialisasikan program – program yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun kepada masyarakat luas. Selama ini, sebenarnya Kantor Kemenag Karimun telah banyak melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, namun karena kurangnya ekspos dan sosialisasi, maka masyarakat terkadang tidak mengetahuinya.

 Kami turun ke masjid-masjid ini  salah satunya sebagai upaya untuk bersilaturrahim dengan masyarakat dan mensosialisasikan program-program kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun diantaranya program GM3, yakni Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji” lanjutnya.

Drs. H. Jamzuri menutup tausiahnya dengan membacakan sebuah hadits yang artinya: “Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Usai memberikan tausiyah, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan surat yaasiin bersama-sama yang dipimpin langsung oleh Drs. H. Jamzuri. Tampak hadir pada acara tersebut Kasi Pendis, Drs. Riadul Afkar, Kasi Bimas Islam Drs. Kholif Ihda Rifai, Penyelenggara Syariah Endang Sry Wahyu, S.Ag , pegawai Kantor Kemenag Kabupaten Karimun dan beberapa penyuluh Agama Islam Honorer.

Comments