Skip to main content

Safari Zuhur di Masjid Miftahul Jannah - BTN Kapling

Safari Zuhur di Masjid Miftahul Jannah - BTN Kapling
Kabupaten Karimun - Rombongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun siang tadi, Selasa (23/6/2015) melaksanakan Safari Zuhur. Safari zuhur kali ini dilaksanakan di Masjid Miftahul Jannah - BTN Kapling.


Tampak hadir pada safari zuhur kali ini, Ka. Kankemenag Kab. Karimun Drs. H. Afrizal, Kasubbag TU Drs. H. Jamzuri, Kepala Seksi dan Penyelenggara, Ka. KUA Kecamatan Tebing, Kecamatan Karimun dan Kecamatan Meral serta pegawai Kantor Kemenag Kabupaten Karimun.

Usai shalat Dzuhur, kegiatan dipandu oleh pembawa acara H. Supriadi, S.Hi. Acara diawali dengan penyerahan bantuan Al-Quran kepada pengurus masjid Miftahul Jannah yang diserahkan langsung oleh Ka. Kankemenag Kab. Karimun Drs. Afrizal.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan ceramah singkat oleh Ka.Subbag TU Drs. H. Jamzuri, dimana dalam ceramahnya ia menyampaikan bahwa agar bulan Ramadhan jangan dilewatkan begitu saja tanpa ada peningkatan ibadah.

"Manfaatkan betul bulan puasa ini untuk meningkatkan ibadah kita, karena pahala yang kita dapatkan selama bulan ramadhan ini berlipat-lipat, yang tidak kita dapatkan jika di luar bulan ramadhan. Tidak ada jaminan kita akan bertemu lagi dengan ramadhan tahun depan. Karena itu, pergunakanlah waktu ramadhan sekarang ini untuk meraih pahala yang sebanyak-banyaknya,"pesannya.

Kewajiban puasa, jelas H. Jamzuri, sudah sama-sama dimaklumi sebagaimana difirmankan oleh Allah SWT:

يَااَيُّهَاالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ(البقرة : ١٨٣)

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah : 183)

"Sebagaimana kita ketahui bahwa orang yang bertaqwa sangat mulia kedudukannya di sisi Allah SWT. seperti yang difirmankan oleh Allah SWT dalam surat Al-Hujurat :

اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللهِ اَتْقٰكُمْ (الحجرات : ١٣)

Artinya : “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu.”(QS. Al-Hujurat : 13)

Kemudian orang yang bertaqwa akan dimasukkan Allah swt ke dalam Surga, sebagaimana firman-Nya :

وَسَارِعُوْآاِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ  وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوَاتُ وَالْاَرْضُ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَ(ال عمران:١٣٣)

Artinya : Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa (QS. Ali Imron : 133)

Drs. H. Jamzuri lebih lanjut menjelaskan bahwa beramal dengan ibadah sunah pada bulan Ramadhan akan diberi pahala seperti ibadah wajib; sedangkan beribadah wajib pahalanya akan dilipat gandakan pahalanya berkali lipat dibanding pada bulan yang lain. 

"Sehingga, Nabi Muhammad SAW menyampaikan jika kita tahu hikmah, manfaat, pahala dan kebaikan yang ada dalam bulan puasa, pasti kita semua menginginkan semua bulan dalam satu tahun adalah bulan puasa. Hal ini sebagaimana sabdanya:

لَوْيَعْلَمُ مَافِى هٰذَاالشَّهْرِ مِنَ الْخَيْرَاتِ لَتَمَنَّتْ اُمَّتِى اَنْ يَكُوْنَ رَمَضَانُ السَّنَةَ كُلَّهَا (رواه الطبرانى)

Artinya : “Seandainya umatku mengerti kebaikan-kebaikan yang ada di bulan ini (Ramadhan), niscaya umatku mengharapkan dalam setahun menjadi Ramadhan semuanya.” (HR. Ath-Thabrani).

Comments