Skip to main content

Safari Zuhur di Masjid Nurul Iman TMK Kecamatan Meral

Karimun (Humas) - Rombongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun hari ini, Selasa (30/6/2015) kembali melaksanakan Safari Zuhur. Safari dilaksanakan di Masjid Nurul Iman - TMK Kecamatan Meral.
Tampak hadir pada safari zuhur kali ini Kasubbag TU Drs. H. Jamzuri, Kepala Seksi dan Penyelenggara, Ka. KUA Kecamatan Meral, Karimun dan Tebing serta pegawai Kantor Kemenag Kabupaten Karimun. Usai shalat Dzuhur, kegiatan dipandu oleh saudara Muliadi.
Diawali dengan penyerahan bantuan Al-Quran kepada pengurus masjid Nurul Iman - TMK yang diserahkan langsung oleh Kasubbag TU Drs. H. Jamzuri dan dilanjutkan dengan ceramah singkat oleh H. Supriadi, S.Hi.
 
Dalam ceramahnya H. Supriadi mengingatkan agar benar-benar mamanfaatkan waktu yang ada selama ramadhan ini untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya dan ampunan dari Allah SWT.
 
Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan dari Allah SWT. Pada bulan yang penuh berkah ini, Allah membuka  ampunan-Nya seluas-luasnya bagi para hamba-Nya yang beriman. Amal-amal shalih pada bulan ini dilipat gandakan pahalanya sampai bilangan yang hanya diketahui oleh Allah semata.

Alhamdulillah, bulan suci Ramadhan setiap tahun selalu menjadi momentum yang tepat bagi banyak kaum muslimin untuk bertaubat dan kembali ke jalan Allah Ta’ala. Banyak pelaku dosa yang bisa tersadarkan dirinya dan berupaya memperbaiki dirinya di bulan suci Ramadhan.
 
Dalam hadits Mu’âdz, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَلاَ أَدُلُّكَ عَلَى أَبْوَبِ الْخَيْرِ الصَّوْمُ جُنَّهٌ وَالصَّدَقَةُ تُطْفِىءُ الْخَطِيْئَةَ كَمَا يُطْفِىءُ الْمَاءُ النَّارَ

“Maukah aku tunjukkan kepadamu pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai. Bersedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api. ” [at-Tirmidzi] 
 
H. Supriadi menjelaskan bahwa diantara bentuk sedekah terbaik adalah memberi makan orang yang puasa (ifthârus shâim). 
 
"Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِشْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّا ئِمِ شَيْئًا

“Barang siapa memberi buka puasa bagi orang yang puasa maka ia memperoleh pahala sepertinya, tanpa mengurangi pahala orang itu sedikit pun.” [HR. at-Tirmidzi dan dishahîhkan oleh al-Albâni]

Di bulan Ramadhan, penggandaan pahala orang yang berbuat kebaikan semakin besar. Pahala orang yang bersedekah dilipatgandakan sampai tujuh ratus lipat.

Di antaranya lagi adalah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

«الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ، وَالْجُمْعَةُ إِلَى الْجُمْعَةِ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ، مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ»

Shalat wajib lima waktu, shalat Jum’at ke shalat Jum’at berikutnya, dan puasa Ramadhan ke puasa Ramadhan berikutnya akan menghapuskan dosa-dosa di antara kedua waktu tersebut, selama ia menjauhi dosa-dosa besar. (HR. Muslim no. 233)

Dalam hadits ini ditegaskan bahwa shaum Ramadhan dengan shaum Ramadhan tahun berikutnya akan menghapuskan dosa-dosa di antara kedua shaum Ramadhan tersebut, dengan satu syarat yaitu selama ia menjauhi dosa-dosa besar. Maka dosa-dosa yang dihapuskan oleh shaum Ramadhan tersebut adalah dosa-dosa kecil.

"Semoga Allah Azza wa Jalla mengampuni dosa-dosa kita sekalian dan menutupi kekurangan-kekurangan kita dan memudahkan segala urusan kita. Aamiin" tutupnya.
 

Comments