Skip to main content

Inilah Profil Singkat Umat Konghucu di Kabupaten Karimun Tahun 2015

Klenteng Konghucu "NGOH GAG SENG ONG BEO" yang berlokasi di Bukit Tembak, Kecamatan Meral Kabupaten Karimun
Karimun (Humas) - Sekjen Kementerian Agama Nur Syam dalam acara Workshop dan Konsultasi Pelaksana Bimas Khonghucu Seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) di Jakata, Selasa (26/08/2014) pernah menyampaikan bahwa pelayanan dan pembinaan kepada umat Konghucu sampai saat ini dirasakan belum dapat berjalan secara maksimal disebabkan berbagai hal, seperti data dan ketersediaan guru agama Konghucu.

Di Kabupaten Karimun hasil pendataan tahun 2015 dari Dinasduk & Capil, Dinas Pendidikan dan Lembaga Konghucu didapati beberapa data dan informasi terkait umat Konghucu ini, sebagai berikut.

Jumlah penduduk yang beragama Konghucu berjumlah 896 jiwa terdiri dari 474 pria dan 422 wanita. Data ini berdasarkan Data Agrerat Penduduk Agama Konghucu per bulan Juni 2015 yang disampaikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun.

Siswa SD dari kelas 1 hingga kelas 6 yang beragama Konghucu se-Kabupaten Karimun ada 61 siswa dan tersebar di beberapa SD Negeri maupun Swasta. Siswa SMP yang beragama Konghucu berjumlah 20 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Sementara siswa SLTA yang beragama Konghucu hanya berjumlah 9 orang, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Data siswa ini bersumber dari Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun.

Sedangkan guru Konghucu mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA sampai saat ini belum ada di Kabupaten Karimun.

Rumah Ibadah Agama Konghucu, berdasarkan data yang disampaikan oleh MAKIN Kabupaten Karimun ada 4, yakni Nngoh Gag Seng Ong Beo di Meral, Tua Pek Kong  di  Meral, Gantian Tai Ti di Pamak dan Ci Seng Bio  di  Kundur.

Lembaga Konghucu yang ada di Karimun hingga saat ini baru ada 1 (satu) yakni Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Karimun yang saat ini dipimpin oleh Sarkawi, S.Kom dengan sekretarisnya Iyo King Siang, SE.

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…