PD-IGRA Karimun Gelar Kegiatan Pembinaan Manasik Haji

Karimun (Humas) - Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Karimun menggelar kegiatan pembinaan manasik haji bagi guru-guru RA/BA. Kegiatan dilaksanakan satu hari pada hari Kamis (27/8/2015) bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

"Berhubung masih minimnya pengetahuan guru-guru RA/BAtentang Manasik Haji, pengurus IGRA Karimun berinisiatif mengadakan acara ini untuk menambah pengetahuan guru-guru," jelas Safiana, S.Pd PD-IGRA Kabupaten Karimun.

Kegiatan pembinaan ini diikuti sebanyak 30 guru RA/BA dimulai dari pukul 08.30 hingga siang hari. Dan yang menjadi narasumber adalah Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Samsudin.

Sementara itu, Drs. H. Samsudin sebagai narasumber pada acara tersebut menyampaikan seluruh rangkaian manasik haji.

"Haji ialah berkunjung ke Baitullah pada bulan haji untuk melakukan thawaf, sai, wukuf di arafah dan amalan lainnya dengan niat haji untuk mencapai ridha Allah SWT sedangkan Umrah ialah berkunjung ke Baitullah untuk melakukan thawaf, sai dan bercukur untuk mengharapkan ridha Allah SWT," jelasnya.

Pelaksanaan ibadah haji, jelas H. Samsudin ada tiga, yakni Haji Ifrad, Haji Tamattu dan Haji Qiran. Sedangkan perjalanan ibadah haji bagi jamaah dari Karimun biasanya menggunakan Haji Tamattu dan terkadang melalui gelombang pertama dan terkadang gelombang kedua.

"Gelombang pertama jalurnya ke Batam terus menuju ke Bandara Madinah Amir Muhammad Bin Abdul Aziz, Madinah, Bir Ali, Makkah, Arafah, Muzdalifah, Mina, Makkah, Madinatul Hajj, dan kembali ke tanah air melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah menuju Batam." ungkapnya.

"Sedangkan gelombang kedua jalurnya ke Batam terus menuju Bandara King Abdul Aziz di Jeddah, Makkah, Arafah, Muzdalifah, Mina, Makkah, Madinah terus kembali ke tanah air melalui Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz di Madinah menuju Batam," lanjutnya.

Selanjutnya H. Samsudin menjelaskan secara mendalam kepada semua peserta tentang rangkaian kegiatan ibadah haji, dimulai dari berihram hingga thawaf wada'.

Comments