Skip to main content

Safari Subuh di Masjid Al-Jihad Baran Kecamatan Meral

Karimun (Humas) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam, pagi Minggu (30/8/2015) kembali melaksanakan kegiatan Safari Subuh.

Kegiatan Safari Subuh kali ini dilaksanakan di Masjid Al-Jihad Baran Kecamatan Meral dan dipimpin oleh Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Jamzuri dan diikuti oleh sejumlah pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

Usai shalat subuh secara berjamaah acara dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Kasi Bimas Islam Drs. H. Kholif Ihda Rifai.

Dalam ceramahnya, H. Kholif Ihda Rifai menyampaikan tentang keistimewaan dari shalat subuh.

"Sholat subuh merupakan sholat yang paling banyak keistimewaan meskipun semua shalat memiliki keistimewaan. Adapun waktu pelaksanaannya sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Waktu sholat subuh mulai sejak terbit fajar sampai matahari terbit. Jika matahari sudah terbit, maka hentikanlah sholat, karena ia terbit di antara dua tanduk syaitan” (Hadis Riwayat Muslim)." jelas H. Kholif Ihda Rifai

Ia juga menjelaskan bahwa panggilan ‘As solatu khairum minan naum’ (solat itu lebih baik dari tidur), dalam azan yang dibaca dua kali hanya ada pada azan Subuh dan tidak terdapat pada waktu-waktu sholat yang lain.

"Terdapat banyak keistimewaan  dalam menunaikan sholat subuh, diantaranya: Waktu sholat subuh itu mempunyai rahsia. Allah SWT mengagungkan waktu Subuh di dalam firmanNya: “Demi waktu Fajar dan malam yang sepuluh (yang mempunyai kelebihan di sisi Allah) Dan yang genap dan yang ganjil Dan malam bila berlalu. Pada yang demikian itu terdapat sumpah (yang dapat diterima) oleh orang-orang yang berakal.” (Surah Al Fajr: 1-5)," lanjutnya.

H. Kholif melanjutkan bahwa waktu sholat ini ialah waktu yang disaksikan oleh para malaikat sebagaimana  dalam firmanNya:
"Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat)." (Q.S. Al-Isra' 78) dan sabda Rasulullah SAW dari Abu Hurairah RA: "Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh)." (H.R. Bukhari no. 137 - Muslim no. 632).

"Shalat Subuh lebih baik daripada dunia dan isinya sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW: "Dua rakaat shalat shubuh itu lebih baik dari dunia beserta isinya." (H.R. Muslim - Ahmad)

Rosulullah SAW, lanjut H. Kholif Ihda Rifai juga menjelaskan bahwa menunaikan sholat Isya berjamaah lalu diikuti dengan sholat Subuh berjamaah itu seperti kita melaksanakan sholat sepanjang malam.
Barangsiapa yang shalat isya' berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.(H.R. Muslim no. 656)."

Dari sisi kesehatan, H. Kholif Ihda Rifai juga menjelaskan bahwa dengan shalat subuh juga memberikan nilai tambah bagi kesehatan.

"Udara di pagi hari membantu membersihkan paru-paru dan membantu peredaran darah sehingga menjadikan tubuh menjadi lebih segar dan sehat," jelasnya.

Comments