Tujuh Lembaga TPQ di Kabupaten Karimun Terima BOP

Kasi Pendidikan Islam Drs. Riadul Afkar
Karimun (Humas) - Dalam rangka meingkatkan kualitas lembaga Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun tahun 2015 ini melalui seksi Pendidikan Islam memberikan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) kepada 7 lembaga TPQ yang ada di Karimun.

Ketujuh lembaga TPQ yang menerima bantuan BOP adalah  TPQ Baitul Karim Tanjung Balai Karimun, TPQ Al-Falah Teluk Uma, TPQ Darul Ilmi Kampung Harapan , TPQ Nurul Hasanah Paya Manggis, TPQ Asy-Syakirin Kuda Laut, TPQ Nurul Iman Desa Pangke dan TPQ Jannatun Na'im Pangke Barat. Masing-masing lembaga TPQ menerima bantuan dana BOP sebesar 5 juta rupiah.

"Syarat penerima bantuan ini pertama tentunya yang berada di Kabupaten Karimun, telah memiliki izin operasional, mengajukan proposal," jelas Drs. Riadul Afkar saat ditemui kemarin, Kamis (27/8/2015).

Drs. Riadul Afkar menegaskan bahwa ketujuh lembaga yang menerima BOP tahun ini  telah diverifikasi dengan melihat fotocopy akta notaris yayasan, fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), profil lembaga TPQ, Data Ustadz/dzah, data santri TPQ, izin operasional dan rekomendasi dari BMPG-TPQ Kecamatan.

TPQ yang menerima harus bersedia menggunakan dana tersebut sesuai dengan Surat Perjanjian Penerima Bantuan Operasional Pendidikan yang telah ditetapkan.

"Jadi lembaga TPQ penerima BOP ini wajib membuat laporan pertanggungjawaban sesuai dengan ketentuan yang berlaku paling lambat 1 bulan setelah dana dicairkan dan akan diberi sanksi jika tidak bisa menyelesaikan laporan," tegasnya.

Dana BOP ini diberikan melalui anggaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dengan nomor DIPA: SP.DIPA-025-04.2.635449/2015 tanggal 27 April 2015.

"Dana BOP ini bisa digunakan untuk keperluan diantaranya belanja ATK, belanja kelengkapan seperti lemari, meja guru, kursi guru, alat kebersihan kantor, belanja jasa dan barang operasional lainnya," pungkasnya.

Comments