Jamaah Haji Karimun 1436 H Mengambil Nafar Tsani.

Karimun (Humas) - Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah H. Samsudin menyampaikan bahwa jamaah haji 1436 H asal Kabupaten Karimun mengambil nafar tsani dalam prosesi Mabit (menginap) di Mina. Jemaah haji Kabupaten Karimun baru meninggalkan Mina pada hari Minggu (27/09/2015) kemarin.

“Berbeda dengan jamaah haji yang berangkat dalam kloter pertama, mereka diharuskan melakukan nafar awal. Pilihan melakukan nafar awal dibenarkan dan dibolehkan, karena jamaah harus segera kembali ke tanah air. Sementara jamaah haji kita dari Karimun karena masuk gelombang kedua maka mereka mengambil Nafar Tsani, karena mereka masih lama lagi baru pulang ke tanah air.” jelas H. Samsudin saat ditemui hari ini, Senin (28/9/2015).

Informasi mengenai jamaah haji karimun yang mengambil Nafar Tsani juga disampaikan oleh salah satu Karom H. Riadul Afkar melalui pesan BBM.

“Alhamdulillah, kita semua sudah melontar jumrah dan akan kembali ke Mekkah pada hari minggu,” pesannya.

Untuk diketahui, bagi jamaah haji yang mabit di Mina ada dua pilihan, yakni Nafar Awal dilakukan dimana jemaah haji telah menyelesaikan semua kewajiban hajinya di Mina sampai hari kedua tasyriq (12 dzulhijjah ). Sedangkan nafar tsani diharuskan bermalam lagi di Mina dan melontar jamrah pada esok harinya (13 dzulhijjah) baru kemudian meninggalkan Mina. 

Lebih lanjut, H. Samsudin menjelaskan  jemaah haji Karimun usai melaksanakan melontar jumrah di Mina mereka akan kembali lagi ke Mekkah untuk melaksanakan thawaf ifadah karena hal tersebut merupakan rukun haji.

“Kita doakan semua jamaah haji asal Kabupaten Karimun semuanya sehat selalu dan kita semuanya tentu berharap semua berjalan lancar dan jemaah haji Kabupaten Karimun dapat melakukan semua proses ibadah dengan sempurna dan memperoleh haji yang mabrur. .” pungkasnya.

Comments