Jamaah Haji Karimun 1436 H/2015 M Tiba di Mina

Karimun (Humas) – Sebanyak 107 jamaah haji asal Kabupaten Karimun yang menunaikan ibadah haji tahun 1436 H/2015 M sudah tiba di Mina sekitar pukul 02.00 dini hari WAS, Kamis (24/9/2015) bertepatan 10 Dzulhijjah 1436 H.

“Alhamdulillah, kita semua sudah tiba di Mina,” pesan singkat H. Riadul Afkar, Kamis dini hari (24/9/2015) salah satu ketua rombongan jamaah haji Karimun yang juga Kasi Pendidikan Islam  Kankemenag Kabupaten Karimun.

Selama berada di Mina ini jamaah haji Kabupaten Karimun menempati kemah sesuai maktab dan melontar jumrah Aqabah pada waktu yang telah ditetapkan dan menggunting rambut/mencukur rambut atau yang lebih dikenal dengan istilah tahallul.

Untuk diketahui bahwa kegiatan melontar jumrah dilaksanakan pada tanggal 10, 11, dan 12 Dzulhijjah untuk yang mengambil nafar awal, serta ditambah pada hari 13 Dzulhijjah bagi yang mengambil nafar tsani.

Dalam melontar jumrah ini, jamaah haji asal Indonesia selalu diimbau untuk melempar jumrah sesuai dengan jadwal, petunjuk dan ketentuan waktu melontar untuk menghindari kepadatan di Jamarat.

 Pengaturan waktu-waktu melempar jumrah yang telah ditetapkan petugas ini sudah mempertimbangkan aspek suhu panas udara di Mina. Sehingga jamaah haji asal Indonesia terhindar dari desak-desakan dan ketidaknyamanan di jamarat. 

Jamaah haji asal Indonesia dilarang untuk melontar jumrah Aqabah pada pukul 8.00 – 11.00 di tanggal 10 Dzulhijjah. Karena saat itu adalah waktu di mana jamaah seluruh dunia sedang ramai-ramai pergi ke Jamarat untuk melontar jumrah.

Sedang untuk tanggal 11 dan 12 Dhulhijjah, jamaah haji Indonesia diimbau untuk tidak melontar jumrah mulai Pukul 13.00 – 16.00, yakni pada sore hari selepas Ashar hingga menjelang Maghrib, karena pada saat ini juga merupakan waktu padat jamaah seluruh dunia melontar jumrah.

Comments