Skip to main content

Ketua MUI Kabupaten Karimun: 5 Bekal Yang Harus Dibawa Jamaah Haji

Karimun (Humas) - Ketua MUI Kabupaten Karimun H. Azhar Hasyim mengatakan ada 5 bekal yang harus dibawa saat menunaikan ibadah haji. Hal ini disampaikannya saat memberikan ceramah pada cara Walimatus Safar atas keberangkatan Kepala Seksi Pendidikan Islam Drs. Riadul Afkar beserta istrinya, Kamis (3/9/2015) lalu.

"Perjalanan haji adalah perjalanan religius, karenanya setiap orang yang akan berangkat haji harus benar-benar mempersiapkan dirinya dengan bekal, seperti orang yang akan berlayar ke laut maka ia harus mempersiapkan segala macam bekal," kata H. Azhar Hasyim memulai.

Bekal pertama kata H. Azhar Hasyim yang harus dibawa oleh orang yang berangkat haji adalah niat. Niat ini, jelasnya harus benar-benar karena ingin menunaikan ibadah haji untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT semata, tidak boleh karena yang lain seperti hanya  ingin jalan-jalan saja, berdagang atau yang lainnya.

"Jadi tujuan duniawi dari berangkat haji harus dihilangkan, dan jangan sampai pula tergoda. Ada orang yang niat awalnya betul untuk menunaikan haji tapi setibanya disana tergoda untuk berdagang karena disana banyak batu akik. Jadi saya berpesan kepada Riadul Afkar jangan sampai tergoda, tetapkan niat bahwa berangkat kesana hanya satu niat, yakni untuk menunaikan ibadah haji." jelasnya.

"Bekal yang kedua adalah materi. Materi ini tentunya dalam bentuk uang, karena ada pengalaman saya berangkat haji, baru 4 hari ada jamaah yang sudah kehabisan uangnya, kemudian minjam sana dan minjam sini. Ini tentunya juga bisa susah orang, jadi sesampai disana jangan boros, ingin beli ini dan itu. Insya Allah, berapa pun uang yang dibawa tidak akan cukup jika semuanya ingin dibeli," pesannya.

Bekal yang ketiga, kata H. Azhar Hasyim yang pernah menjadi Kepala KUA Kecamatan Karimun ini adalah bekal manasik haji.

"Apa nak buat, mau apa kita disana, apa yang harus dilakukan, apa yang harus dibaca semuanya sudah siap. Jadi bekal manasik haji itu sangat penting, jangan sampai disana baru nak belajar. Satu hal lagi, pentingnya manasik haji ini, saya ada pengalaman, seorang jamaah haji yang tawaf sampai 8 kali, saat saya tanya kenapa 8 kali, ia jawab dengan semangat dan percaya diri; kan lebih baik delapan dari tujuh," katanya.

"Bekal yang keempat adalah teman. haji adalah perjalanan ibadah yang jauh, lama dan di negeri orang, disana kita butuh teman, tidak bisa sendiri saja. Bisa-bisa tersesat jika pergi sendirian saja." katanya.

Dan terakhir, bekal yang harus dibawa jamaah haji yang akan berangkat adalah taqwa. Dan bekal ini jelasnya adalah sebaik-baik bekal dan bekal yang paling utama.

"Berbekallah, dan Sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku Hai orang-orang yang berakal.(Q.S. al-Baqarah : 197)," katanya mengutip ayat al-Quran.

Dan dengan bekal taqwa inilah orang yang berangkat haji nanti akan melaksanakan haji dengan sabar, tawadu', ikhlas, pemurah, penolong dan sebagainya.

"Dengan bekal takwa inilah, orang yang menunaikan ibadah haji bisa menjadi haji yang mabrur," katanya.

Dan sebagai penutup ceramahnya, H. Azhar Hasyim membaca sebait pantun; Apa tanda tanah yang subur, ada sungai di hulu, apa tanda haji yang mabrur berubah perangai dari dahulu.


Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…