Skip to main content

Tahun 2015 Ini, 5 KUA di Karimun Akan Dilengkapi SIMKAH

Karimun (Humas) - Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam H. Kholif Ihda Rifai menjelaskan bahwa tahun 2015 ini ada 5 KUA Kecamatan yang akan dilengkapi dengan fasilitas Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH).

"Saat ini baru 2 KUA yang dilengkapi fasilitas SIMKAH, dan Insya Allah tahun ini 5 KUA lagi yang akan dilengkapi dengan SIMKAH," jelas H. Kholif Ihda Rifai Kasi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Karimun, Selasa (22/9/2015).

Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mendigitaslisasi data pernikahan,mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, dan akta nikah. Dan salah satu keunggulan dari simkah yaitu data akta nikah sudah bisa diketahui atau dikirim ke server bimasislam.kemenag.go.id.  Sehingga lebih dini sudah bisa dideteksi jumlah pernikahan setiap bulannya di seluruh indonesia.

"Di Kabupaten Karimun, aplikasi SIMKAH ini sudah diterapkan sejak tahun 2011 yang menjadi filot project adalah KUA Kecamatan Kundur dan KUA Kecamatan Karimun sudah dijalankan di 2014 lalu." lanjut H. Kholif Ihda Rifai.

Direncanakan pada tahun 2016 seluruh KUA Se-Kepulauan Riau akan menerapkan aplikasi SIMKAH ini sebagai satu bagian dari pelayanan nikah dan rujuk yaitu dalam pebuatan dokumen NB dan Akta Nikah. 

"Dari hasil pengolahan tersebut, dengan aplikasi SIMKAH sangat terbantu dalam pengelolaannya dibandingkan cara manual serta hasil yang sangat memuaskan. Walaupun masih pada tahap pembuatan NB dan AKTA Nikah namun ini sudah diverifikasi oleh pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun  melalui monitoring dan evaluasi, mudah-mudahan pada tahun 2016  ini aplikasi mengenai pelayanan nikah dan rujuk dapat merata di Kabupaten Karimun  sehingga Simkah 100% online." tambahnya.

Dengan penerapan  di KUA Kecamatan Karimun maka segala bentuk pelayanan nikah di wilayah ini menjadi lebih baik, dimana sebelumnya buku nikah dan akta nikah di tulis secara manual/tulis tangan/membatik, maka dengan diterapakannya aplikasi simkah semua yang tulis tangan tadi sudah terganti dengan tulisan hasil print out dari aplikasi SIMKAH tersebut.

"Dengan adanya aplikasi simkah telah membantu kerja staf di KUA seperti AKTA NIKAH, DAFTAR PEMERIKSAAN NIKAH (NB), NC Pengumuman Kehendak Nikah serta Buku Nikah sudah menggunakan aplikasi tersebut, tergantung bagaimana operator tersebut meng-operasikannya, mempermudah kerja dan hasilnya bisa di print out juga di online kan”.ungkapnya.

Saat ini masyarakat sudah bisa memantau jadwal pernikahan yang dilaksanakan di kantor KUA Kecamatan Karimun, setiap peristiwa nikah akan diumumkan melalui simkah online, media sosial (facebook) KUA KARIMUN atau bisa langsung mengunjungi website KUA Kecamatan Karimun yaitu http://kuakecamatankarimun.blogspot.co.id/.

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…