Skip to main content

Tips Kesehatan bagi Jamaah Haji dari Dr. Famelia

Karimun (Humas) - Dr. Famelia dari Kantor pelayanan Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjung Balai Karimun berbagi tips kesehatan bagi JCH Karimun yang akan berangkat tahun 1436 H/2015 M.

Untuk dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna tentu memerlukan tubuh yang sehat dan kuat jelas Dr. Famelia, Minggu (6/9/2015) di Gedung Nasional

"Tiga bulan sebelum berangkat jamaah calon haji dianjurkan senam 2 kali seminggu dan jalan kaki 5-6 km 2 kali seminggu. Dua bulan sebelum berangkat senam 2 kali seminggu dan jalan kaki 5 hingga 6 km 3 kali seminggu dan 1 bulan sebelum berangkat senam 2 kali seminggu dan jalan kaki 5 hingga 6 km 4 kali seminggu," jelasnya.

Selanjutnya disarankan pula mengkonsumsi makanan bergizi seperti makanan yang beraneka ragam dari golongan karbohidrat, lauk pauk, sayuran buah-buahan, sari buah dan susu.

"Untuk sayur, perbanyak sayuran yang berwarna hijau. Dan untuk buah-buahan pilih buah yang banyak mengandung cairan dan mengandung vitamin C seperti jeruk dan apel," jelasnya.

Selain itu ia menyarakan juga untuk memperbanyak makanan yang mengandung zat tepung seperti nasi, biskuit, roti dan sejenisnya.

"Pilihlah makanan yang rendah lemak dan rendah kolestrol serta batasi makanan yang banyak mengandung gula dan garam," tambahnya. 

Setibanya di Tanah Suci ia menyarakan jamaah untuk makan teratur 3 kali sehari dan  jangan terlambat, minum segelas susu setiap hari, pilihlah makanan yang bersih dan terlindung dari pencemaran, pilih makanan dalam kemasan yang masih baik atau utuh dan belum kadaluarsa
 
"Periksa kondisi katering, bila basah atau berlendir jangan dimakan dan bila masih dalam kondisi bagus segera dimakan jangan disimpan lebih dari 2 jam dan tentunya jangan lupa cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan," tambahnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan untuk tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan seperti mandi setiap hari, gunakan selalu masker yang dibasahi serta menjaga kebersihan kamar dan tidak merokok.

"Bapak ibu, jika mengalami sakit segera periksakan diri pada tenaga kesehatan kloter (TKHI) jangan didiamkan atau dibiarkan, segera melapor," jelasnya.

Dan terakhir ia menyampaikan bahwa sehat haji bukan saja sebelum berangkat dan selama berada doi tanah suci tetapi juga sehat setelah kembali ke tanah air.

"Sebagian besar jamaah haji setelah pulang dari haji akan mengalami batuk. Untuk itu kepada bapak dan ibu, saya berpesan pastikan istirahat yang cukup, selalu menggunakan masker untuk menutup mulut dan hidung, perbanyak minum air putih terutama air hangat, kurangi makanan yang berlemak, berminyak, terlalu manis atau terlalu dingin." pungkasnya.

Comments