Skip to main content

Andi Febriana: Sistem Aplikasi Anggaran Tahun 2016



Karimun (Humas) - Tahun 2016 ini ada beberapa sistem Aplikasi Penganggaran, yakni Aplikasi SBK 2016 yang sudah implementasi April 2015, Aplikasi ADIK, Aplikasi RKAKL-DIPA  2016, Rkakldipa.anggaran.depkeu.go.id dan anggaran depkeu.go.id. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Andi Febriana H. S, ST saat menyampaikan materi tentang Kebijakan Penyusunan Anggaran Kementerian Agama 2016, Standar Biaya 2016 dan Standar Akutansi Pemerintah pada kegiatan kegiatan Penyusunan Rencana Kerja & Anggaran Tahun 2016, Senin (5/10/2015) di Aula Kankemenag Kabupaten Karimun.


“Ada beberapa hal yang penting dalam penyusunan anggaran yakni Aplikasi RKAKL DIPA tidak boleh disatukan dengan aplikasi POK mengakibatkan gagal upload SPAN, hindari penggunaan Special  Character , contoh : & < > ±  karena bisa mengakibatkan gagal upload SPAN, teliti kembali isian atribut satker  seperti kode Lokasi/Kabkota, kode KPPN, Kode Kewenangan(KP/KD/DK/TP/UB),” pesannya.


Selain itu perlu juga diperiksa data eks-blokir 2015, eks-catatan akun 2015, hitung gaji PNS otomatis hanya sebagai estimasi sebagai penyesuaian dengan pagu dilakukan secara manual, alamat E-mail diisi dengan benar, kodering komponen diubah menjadi 051, hitung Valas jika ada sumber dana PHLN dan isian Rencana Penarikan DIPA harus balance dengan pagu. 


Mulai tahun 2016, pendekatan fungsi sebagaimana diamanatkan dalam UU 17/2003 tentang Keuangan Negara akan diperkuat dengan proses penyusunan dan format penyajian infomasi dalam APBN. 


“Pendekatan organisasi dan jenis belanja tetap ada untuk melengkapi pendekatan fungsi dimaksud. Pendekatan fungsi mencerminkan fungsi pemerintahan (mengapa pemerintahan itu ada) yang mengandung konsep customer/outcomeoriented, sedangkan pendekatan organisasi dan jenis belanja penting untuk akuntabilitas manajerial yang bersifat internal oriented," Ungkap pegawai Kanwil Kemenag Kepri ini.


“Sehingga perubahan ini harus diikuti oleh perubahan mindset, perilaku, dan mekanisme penganggaran di seluruh K/L mengingat disanalah RKA-K/L sebagai bahan utama penyusunan APBN dibuat.”tambah Andi yang saat ini menjabat sebagai Penyusun Rencana Program dan Anggaran.

Comments