Skip to main content

Andi Febriana: Standar Biaya Tahun 2016 Untuk Meningkatkan Kualitas Penganggaran



Karimun (Humas) – Standar Biaya tahun 2016 bertujuan untuk meningkatkan kualitas penganggaran hal ini dilatarbelakangi beberapa hal jelas Andi Febriana H. S, ST saat menyampaikan materi tentang Kebijakan Penyusunan Anggaran Kementerian Agama 2016, Standar Biaya 2016 dan Standar Akutansi Pemerintah pada kegiatan kegiatan Penyusunan Rencana Kerja & Anggaran Tahun 2016, Senin (5/10/2015) di Aula Kankemenag Kabupaten Karimun.


“Latar belakang yang perlu kita ketahui dalam memahami Standar Biaya Tahun 2016 ini pertama, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 mengamanatkan penerapan Penganggaran Berbasis Kinerja (PBK) untuk meningkatkan kualitas APBN. Kedua, Standar Biaya (SB) merupakan instrumen penting dalam penerapan PBK utk menjamin efisiensi alokasi & efisiensi operasional. Ketiga, Dalam rangka penyusunan anggaran TA 2016, telah ditetapkan beberapa peraturan Menteri Keuangan terkait SB sbg dasar acuan penganggaran TA 2016 dan Keempat, perlu penyamaan persepsi penerapan kebijakan SB untuk memantapkan penerapan PBK agar sesuai amanat UU No. 17 Tahun 2003,” ungkap Andi Febriana.


Tujuannya, jelas Andi adalah uUntuk menyamakan persepsi dan pemahaman khususnya diantara 3 pihak (CFO, COO, Auditor) atas substansi pengaturan SB yang meliputi       Pengaturan SB dalam sistem penganggaran,       Standar Struktur Biaya TA 2016, SBKTA 2016 dan SBM TA 2016 (termasuk Revisi SBM TA 2015)


“Standar Struktur Biaya TA 2016 atau biasa disingkat dengan SSB merupakan batasan komposisi biaya atas suatu keluaran (output)/kegiatan/program tertentu yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan selaku pengelola fiskal (Chief Financial Officer) hal ini berdasarkan Pasal 1 PMK 195.


Komposisi Biayanya lanjut Andi, terdiri dari Biaya utama, yaitu komponen pembiayaan langsung dari pelaksanaan suatu kebijakan dan berpengaruh terhadap pencapaian output dan biaya pendukung yaitu komponen pembiayaan yang digunakan dalam rangka menjalankan dan mengelola kebijakan.


“Fungsi dan Penetapan SSB berfungsi sebagai acuan bagi kementerian negara/lembaga dalam menyusun komposisi biaya keluaran (output)/kegiatan/program tertentu dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran kementerian negara/lembaga dan pelaksanaan anggaran sebagaimana disebutkan dalam Pasal 2 PMK 195 dan Penetapan SSB ditetapkan oleh Menteri Keuangan sebagaimana disebutkan dalam Pasal 26 PMK 71,” jelas Andi yang saat ini bertugas sebagai Penyusun Rencana Program dan Anggaran Kanwil Kemenag Provinsi Kepri.


Sementara untuk Standar Biaya Masukan TA 2016 lanjut Andi didefinisikan sebagai Satuan biaya berupa harga satuan, tarif, dan indeks yang ditetapkan untuk menghasilkan biaya komponen keluaran. Pemberlakuannya berlaku untuk satu Kementerian Negara/Lembaga atau beberapa/seluruh Kementerian Negara/Lembaga dengan penetapan melalui PMK / persetujuan Menkeu.


Andi Febriana menutup materi tentang Standar Biaya Tahun 2016 dengan memaparkan hal-hal baru dalam SBM 2016.

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…