Skip to main content

Ka. Kanwil Gelar Pertemuan dengan Kepala Madrasah di MAN Karimun Fillial

Karimun (Humas)  Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepri H. Marwin, Senin pagi (26/10/2015) melaksanakan pertemuan dengan Kepala Madrasah usai melaksanakan apel pagi di MAN Karimun fillial MAN Tanjungpinang.

Dalam pertemuan tersebut Ka. Kanwil Provinsi Kepri H. Marwin didampingi oleh Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal dan Kasi Pendis Drs. H. Riadul Afkar.

H. Afrizal saat membuka pertemuan tersebut menyampaikan sejumlah laporan kepada Ka. Kanwil diantaranya tentang sudah diusulkannya pengawas madrasah dan pengawas guru PAI ke Kanwil untuk menggantikan pengawas yang sudah pensiun.

"Selain itu dapat pula kami sampaikan kepada bapak Ka. Kanwil bahwa saat ini madrasah di Kabupaten Karimun sudah mulai bagus baik dari segi bangunan maupun kualitasnya. Ini tentunya tidak terlepas dari dorongan dan bantuan yang selama ini diberikan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Kepri." katanya.

Dan kedepan, ia juga meminta kepada Kepala Madrasah untuk terus meningkatkan kualitas madarasah dari segala bidang.
 
"Yang terpenting itu adalah kemauan dan komitment kita maka kita akan mampu melaksanakannya. Mudah-mudahan  kedepan madrasah kita akan semakin eksis dan maju." harapnya.

Sementara itu, Ka. Kanwil Kemenag Kepri pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pertemuan ini adalah salah satu bentuk upaya menjalin silaturrahim dan komunikasi yang lebih dekat dengan kepada Madrasah.

"Tugas sebagai guru sekarang ini semakin berat karena harus menghadapi generasi muda yang saat ini jauh berbeda dengan pelajar sebelumnya. Karena zaman ini adalah zaman teknologi dan globalisasi, banyak pengaruh asing dengan mudah didapat oleh pelajar kita. Untuk itu peran guru sangat penting dalam upaya memberikan bekal dan benteng kepada siswa-siswanya."
 
Selanjutnya ia mengingatkan kepada guru untuk memahami 7 tugas guru, yakni; Mendidik, Mengajar, Membimbing, Melatih, Mengarahkan, Menilai dan Mengevaluasi.
 
"Kalau mengajar ya mudah saja, ada batas pelajaran dan batas waktu yang sudah ditetapkan, jika tercapai maka selesai sudah tugas mengajar. Tapi yang jauh lebih penting adalah bagaimana mendidik, membimbing, melatih, mengarahkan siswa agar menjadi lebih baik dari akhlaknya dan budi pekertinya," jelasnya.
 
Tidak lupa pula ia mengingatkan tentang tugas Kepala Madrasah yang juga tidak ringan dan harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.
 
"Tugas Kepala Madrsah itu saya singkat dengan EMASLIMO. Artinya, E adalah edikator, Ma adalah Manager, S adalah Supervisor, Li adalah Leader dan Mo adalah Motivator," terangnya.

Meningkatkan kualitas madrasah katanya lagi, dimulai meningkatkan kualitas guru, karena mustahil madrasah bisa berkualitas dan siswa bisa menjadi berkualitas tanpa adanya guru yang berkualitas. Untuk itu ia sangat meinta kepada guru madrasah untuk terus dan selalu meningkatkan kompetensinya.

"Sertifikasi guru saat ini menurut banyak pengamat baru berpengaruh pada kesejahteraan guru, belum berpengaruh pada kualitas guru. Karena itu, kritikan ini perlu menjadi perhatian kita bersama untuk terus meningkatkan kualitas kita agar siswa kita bisa menjadi berkualitas pula dan akhirnya madrasah kita pun bisa menjadi berkualitas," harapnya.

Usai melaksanakan pertemua tersebut, Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepri H. Marwin berserta rombongan langsung menuju ke Ponpes Ar-Raudhah Kecamatan Tebing untuk mengikuti peringatan Hari Satri Nasional yang dideklarasikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 lalu di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Comments