Skip to main content

M.S. Sudarmadi, S.Pd. Menilai Masih Banyak Guru Mengajar Dengan Cara CBSA

Karimun (Humas) - Seiring telah berubahnya Kurikulum Pendidikan dengan diterapkannya Kurikulum 2013, Kepala Dinas Pendidikan Karimun M.S. Sudarmadi, S.Pd., M.M meminta Guru PAI-SD pun merubah cara mengajarnya yang hanya CBSA (Catat Buku Sampai Habis) dengan cara mengajar yang kreatif, efektif dan lebih aktif.

Hal ini disampaikannya dihadapan guru-guru PAI-SD pada acara kegiatan KKG-PAI SD se-Kabupaten Karimun tahun 2015, Kamis (29/10/2015) di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

"Kurikulum sudah berubah tetapi cara mengajar tidak berubah, masih CBSA." ungkapnya.

Ia pun berkisah bahwa sering melakukan blusukan secara diam-diam ke sekolah untuk melihat cara guru mengajar dan ditemukannya masih banyak guru yang mengajar dengan cara lama, yakni hanya mencatat dan anak-anak disuruh menghapal. Sejatinya pembelajaran harus dilakukan bervariasi, agar tidak timbul kejenuhan dan materi pelajaran lebih mudah diterima oleh siswa.

"Kan masih banyak guru yang tidak kenal saya. Jadi pernah saya datang ke sekolah dan melihat masih banyak guru yang mengajar dengan CBSA, anak-anak hanya disuruh mencatat buku. Saya ditanya sama guru tersebut, ada perlu apa pak? saya jawab mau jual buku sekolah." kisahnya.

Selanjutnya dengan penuh canda M.S. Sudarmadi, S.Pd menunjukkan rasa keheranan dan salutnya bahwa guru-guru  di Karimun tidak ada yang pusing atau protes dengan masih banyaknya buku kurikulum 2013 yang belum tersedia.

"Bagi sebagian guru saya lihat mau pakai buku Kurikulum 2013 atau buku yang lama-lama pun tidak masalah, yang penting ngajar dan cara mengajarnya pun masih sama seperti dulu, tidak ada perubahan. Inilah yang harus kita rubah ! " katanya.

Ia pun menjelaskan bahwa indeks kualitas guru di Indonesia masih rendah dibandingkan negara-negara lain. Untuk itu bulan depan seluruh guru, kepala sekolah maupun pengawas pendidikan akan diadakan Uji Kompetensi Guru (UKG).
 
"Stadarisasi untuk tahun 2016, bahwa guru harus memiliki nilai uji kompetensi 5,5, sementara ini masih banyak yang 4,0. ” tuturnya

Namun ia menegaskan bahwa Uji Kompetensi Guru (UKG) ini tidak untuk mengurangi hak yang telah didapatkan oleh guru seperti sertifikasi tetapi untuk memetakan tingkat kemampuan guru dan bagaimana untuk meningkatkannya.

"Jadi 4 kompetensi guru itu harus benar-benar dikuasai dan dimiliki oleh guru," pungkasnya.


Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…