Skip to main content

Daerah Bisa Membangun Jika Umat Beragamanya Rukun, Aman dan Damai.

Karimun (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten, Senin (16/11/2015) menggelar kegiatan Pembinaan Umat Beragama dalam rangka mewujudkan Wawasan Multi Kultural yang diikuti sebanyak 30 peserta perwakilan dari tokoh umat beragama yang ada di Kabupaten Karimun.

Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun, H. Afrizal  dalam pemaparannya materinya menjelaskan bahwa dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan  di daerah juga diperlukan kerukunan antar umat beragama, hal ini sebagaimana tertuang dalam arah pembangunan ketahanan daerah bidang agama.

“Untuk meningkatkan ketahanan daerah bidang agama maka  diperlukan upaya meningkatkan sikap  toleransi, kebijakan keagamaa n yang adil, dan menghormati hak asasi manusia, penegakan peraturan perundang-undangan keagamaan yang berlaku, menciptakan kondisi kehidupan beragama  yang dinamis dan saling menghormati, dan mengembangkan pemahaman agama masing-masing.” Terangnya.

Karena itu, lanjut H. Afrizal ada pembagian peran dalam menciptakan dan mempertahankan kerukunan, yakni bagi organisasi keagamaan harus bisa mengembangkan pemahaman agama masing masing kepada pemeluknya dan mengembangkan sikap toleransi intra maupun antar umat beragama.
“Sementara peran pemerintah yakni melaksanakan kebijakan keagamaan yang adil dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan melaksanakan penegakan hukum keagamaan.” Katanya.

H. Afrizal menegaskan bahwa pengaruh kerukunan hidup beragama terhadap peri kehidupan bangsa sangat besar karena dengan terciptanya kerukunan maka akan terlaksananya roda pemerintahan, berjalannya roda perekonomian, meningkatnya perasaan aman di masyarakat, memperkuat ketahanan nasional yang pada akhirnya akan tercapainya tujuan nasional dan Indonesia untuk menjadi negara yang sejahtera.

Untuk penyelesaian konflik umat beragama ia menjelaskan ada beberapa upaya, yakni mencegah adalah lebih baik karena menanggulangi lebih sulit. Mendeteksi dini permasalahan yang berkembang sebelum menjadi permasalahan atau gejolak sosial. Cari dan temukan akar permasalahan yang menyebabkan terjadinya konflik. Temukan atau tentukan berbagai alternatif solusi penyelesaian konflik. 

“Melibatkan stake holder yang terkait dengan para pelaku konflik serta untuk penyelesaian konflik. Penyelesaian damai dengan pola win-win solution yang dapat diterima semua pihak. Penyelesaian konflik  yang dapat diterima hingga lingkup bawah. Musyawarah – mufakat – damai , antar para pihak yang terlibat konflik dan proses hukum bagi pelaku dengan mengacu pada hukum positif yang berlaku.” Pungkasnya.

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…