Skip to main content

FKUB Kabupaten Karimun Gelar Rapat Koordinasi

Karimun (Humas) – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Rabu (18/11/2015) melaksanakan rapat koordinasi dan berlangsung di Gedung Nasional yang beralamat di Jl. Yos Sudarso No. 10 Tanjung Balai Karimun.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kesatuan Bangsa Kabupaten Karimun (BPMPD dan KESBANG) dan dibuka langsung Bupati Karimun H. Aunur Rafiq.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan mengangkat tema: Tingkatkan Kerukunan, Keharmonisan, Toleransi Antar Umat Beragama dan Sukseskan Pesta Demokrasi (PILKADA) Tahun 2015 diikuti Pengurus FKUB Kabupaten Karimun, pengurus FKUB Kecamatan 12 kecamatan, dan camat.

Ketua FKUB Kabupaten Karimun, H. Azhar Hasyim dalam sambutannya mengatakan bahwa masih ada yang masih salah menyebut kepanjangan FKUB, yakni Forum Komunikasi Umat Beragama.
“Yang benar itu Forum Kerukunan Umat Beragama dan disingkat dengan FKUB,” terangnya.

Selanjutnya ia menjelaskan sejarah berdirinya FKUB Kabupaten Karimun dari awal hingga sekarang yang sudah berjalan hampir 10 di Kabupaten Karimun.

“Tugas pertama mengadakan dialog dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat adalah tugas utama dari FKUB. Kedua, mensosialisasikan semua peraturan yang terkait dengan kerukunan umat beragama khsusunya PBM. Ketiga, menampung aspirasi dari amsyarakat selanjutnya dituangkan dalam bentuk rekomendasi terkait pendirian rumah ibadah. Keempat, membentuk sekretariat, dan kita merupakan salah satu sekretariat yang bagus dan megah di Provinsi Kepri.” Terangnya.

Ia juga menyinggung tentang Pemilukada yang akan digelar serentak pada tanggal 9 Desember 2015 bahwa sikap FKUB netral dan merkeomendasikan semua FKUB Kabupaten dan Kecamatan untuk menggunakan hajk pilihnya.

“Dan menyerukan kepada semua pasangan calon agar menerima secara satria, menerima apa pun hasil keputusan pilkada. Satria itu artinya adalah siap kalah dan siap menang, kalah terhormat dan menang terhormat.” Katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa setiap ada permasalahan muncul di Kabupaten Karimun, FKUB akan langsung rapat, diskusi dan mencari solusi. 

“Alhamdulillah, 2015 ini situasi kehidupan beragama di Kabupaten Karimun bagus, walaupun ada riak-riaknya. Insya Allah jika kita selalu berdialog, dan kita juga selalu berkomunikasi dengan Pemda. Karena kita sebagai FKUB hanya memberi rekom, rekom dari FKUB maupun rekom dari Kementerian Agama hanya sebatas rekomendasi, sementara wewenang  yang memberikan izin sepenuhnya ada di tangan Kepala Daerah.” Terangnya. 

“Jadi intinya dari keberadaan FKUB ini adalah bagaimana umat di republik ini khususnya di Kabupaten Karimun aman dan rukun. Itu intinya !” tegasnya.

H. Azhar Hasyim yang juga Ketua MUI Kabupaten Karimun ini menutup pemaparannya dengan sebait pantun: Ke pasar lama membeli sukun, Beli juga buah tomat, Jika umat beragama hidup rukun, Apa saja kerja bisa kita buat.

Selanjutnya kegiatan rapat koordinasi ini dipimpin oleh Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Karimun yang juga mewakili FKUB Kabupaten Karimun.

Comments