Skip to main content

Inilah Isi Tahap Pendahuluan dan Isi Kegiatan Inti Dalam KBM Kurikulum 2013

Karimun (Humas) – Kepala SDN 005 Belakang Padang Marsudi, M.Pd. B berbagi ilmu tentang Isi Tahap Pendahuluan dan Isi Kegiatan Inti dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar dalam penerapan Kurikulum 2013 bagi guru-guru Agama Buddha se-Kabupaten Karimun, Jumat (6/11/2015).

Isi tahap Pendahuluan jelas Kepala SDN 005 Belakang Padang terdiri dari (1). Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran, misal memberi motivasi, (2). Mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari terkait dengan materi dibelajarkan, contonhnya memberi prasyarat pengetahuan, (3). Mengantarkan peserta didik pada suatu permasalahan atau tugas yang dilakukan, caranya dengan mengkonstruksikan pengetahuan awal siswa bisa dengan mengajukan pertanyaan yang mengandung masalah dan siswa boleh mendemonstrasikan.

“Keempat, menyampaikan garis-garis besar materi, caranya menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup materi pembelajaran. Kelima, mengantarkan pesertadidik pada suatu permasalahan atau tugas yang dilakukan dengan cara mengkonstruksikan pengetahuan awal siswa bisa mengajukan pertanyaan yang mengandung masalah, boleh dengan cara mendemonstrasikan. Dan terakhir adalah menyampaikan garis-garis besar materi dengan cara menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup materi pembelajaran,” terangnya.

Untuk kegiatan pendahuluan lanjutnya pria kelahiran Temanggung 6 Februari 196 ini, dimulai dari Orientasi, yakni memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan illustrasi, membaca berita di surat kabar, menampilkan slide animasi, fenomena alam, fenomena sosial, atau lainnya.

“Selanjutnya adalah Apersepsi, yakni memberikan persepsi awal kepada peserta didik tentang materi yang akan diajarkan. Berikutnya adalah memberikan Motivasi, yakni Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan.” Terangnya.

“Dalam pemberian Acuan maka guru harus menyampaikan berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari, acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar, pembagian kelompok belajar, dan penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar, sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran,” tambahnya.

Untuk Isi Kegiatan Inti dalam kegiatan belajar mengajar, lanjut Ketua DPC PGRI Kecamatan Belakang  ini terdapat tahapan pembelajaran yang memuat  5 M , yakni Mengamati, Menanya, Mengumpulkan, Mengasosiasi, dan Mengkomunikasikan.

“Tahapan pembelajaran ini  harus menetapkan apa yang harus mereka amati?, apa yang mungkin siswa tanyakan?, apa data yang akan dikumpulkan?, mengasosiasikan atau menganalisis dan apa hasil yang harus siswa komunikasikan?,” terangnya.

Terakhir, PNS yang bertugas di Instansi Dinas Pendidikan Kota Batam ini mengatakan bahwa menggunakan pendekatan tematik dan atau tematik terpadu dan atau ilmiah (saintifik) dan atau penelitian (inkuiri) dan penyingkapan (discovery) dan atau pembelajaran  yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning ) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…