Skip to main content

Kemenag Karimun Gelar Kegiatan Pembinaan Peningkatan Mutu Pelayanan Nikah dan Rujuk

Karimun (Humas) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam menggelar kegiatan Pembinaan Peningkatan Mutu Pelayanan Nikah dan Rujuk pada Kantor Urusan Agama Kecamatan tahun 2015. 

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 27 hingga 28 November 2015 bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dan diikuti oleh utusan dari Ka. KUA Kecamatan, staf KUA Kecamatan, P3N dan Pramubakti KUA Kecamatan serta Penyuluh Agama Islam Fungsional.

Dengan mengangkat tema “Dengan Kegiatan Pembinaan Peningkatan Mutu Pelayanan Nikah Dan Rujuk Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Tahun 2015 Kita Tingkatkan Integritas Dan Profesionalisme Demi Mewujudkan Pelayanan Prima Pada Masyarakat” kegiatan ini diikuti sebanyak 30 peserta.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal ini diawali dengan sambutan dari Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Kholif Ihda Rifai.

Usai sambutan dari Kasi Bimas Islam dilanjutkan dengan acara penyerahan secara simbolis 3 Kendaraan Motor untuk KUA Kecamatan Tebing dan 2 Penyuluh Agama Islam Fungsional dan 5 alat SIMKAH untuk KUA Kecamatan Moro, Meral, Tebing, Kundur Utara dan Kundur Barat. 

Selain itu juga diserahkan bantuan secara simbolis 2 buah genset untuk KUA Kecamatan Durai dan KUA Kecamatan Moro yang diserahkan langsung oleh Kasi Kepenghuluan Kanwil Kemenag Kepri H. Muhammad Syafii bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal.

Berdasarkan laporan dari panitia bahwa dalam kegiatan pembinaan ini ada sejumlah narasumber yang dihadirkan yakni Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal dengan materi Arah, Tujuan dan Rencana Strategis Kementerian Agama di Bidang Agama serta Menerapkan 5 Nilai Budaya Kerja di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

“Selanjutnya ada narasumber dari Kanwil Kemenag Kepri, yakni Kasi Kepenghuluan Kanwil Kemenag Kepri H. Muhammad Syafii yang menyampaikan materi tentang Optimalisasi Manajemen Pelayanan Nikah Rujuk Berbasis Aplikasi SIMKAH.” Jelas Muliadi, S.Ap selaku panitia pelaksana kegiatan.

Selain itu ada juga narasumber dari Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Kholif Ihda Rifai dengan materi tentang Permaslahan Pencatatan Nikah dan Pedoman Pengelolaan PNBP Nikah Rujuk.

“Kita juga menghadirkan Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri H. Erman Zaruddin sebagai narasumber yang akan menyampaikan materi tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Nikah Rujuk Menuju Zona Integritas Bebas Dari Gratifikasi.” Tambah Muliadi.

Dan terakhir, masih menurut Muliadi, panitia juga menghadirkan narasumber dari Pengadilan Agama Tanjungbalai Karimun  yang akan menyampaikan materi tentang Prosedur dan Pedoman Beracara yang Berkaitan dengan Perkara Nikah, Rujuk, Talak dan Cerai di Pengadilan Agama.

Acara pembukaan kegiatan Pembinaan Peningkatan Mutu Pelayanan Nikah dan Rujuk pada Kantor Urusan Agama Kecamatan tahun 2015 yang dipandu oleh Mulyadi, S.Ap ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Adi Satria, S.Ag.

Comments