Skip to main content

Kondisi Ideal dan Indikator Kerukunan Umat Beragama

Karimun (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten, Senin (16/11/2015) menggelar kegiatan Pembinaan Umat Beragama dalam rangka mewujudkan Wawasan Multi Kultural bertempat di aula Kantor Kemenag Kabupaten Karimun .

Ka. Subbag TU Kankemenag Kabupaten Karimun , Drs. H. Jamzuri  sebagai salah satu narasumber kegiatan tersebut dalam pemaparannya materinya menjelaskan tentang beberapa Kondisi Ideal dan Indikator Kerukunan Umat Beragama.

Kondisi Ideal KUB yang kedua, lanjut H. Jamzuri adalah sikap saling menghormati (toleransi), Toleransi beragama merupakan kelanjutan dari sikap pengakuan  para penganut agama terhadap agama yang ada di luar keyakinanya. Dialog intensif yang terus terjalin antar umat beragama yang memperlakukan semua agama sejajar dalam mengekspresikan keberagamaannya  mendorong keharmonisan yang relatif sejati. Kerja sama lembaga-lembaga agama dalam menghadapi berbagai persoalan keagamaan merupakan kondisi kehidupan  umat beragama yang diharapkan. 

“Kondisi Ideal Kerukunan Umat Beragama yang ketiga, sikap saling bekerja sama seperti Saling bekerja sama antar penganut dan kelompok agama merupakan puncak dari sikap saling mengakui dan saling menghormati antar pemeluk agama. Keharmonisan kehidupan umat beragama yang sejati akan terlihat dari adanya persamaan keprihatinan dan kepentingan yang diwujudkan dalam tujuan dan aktifitas kolektif  yang bermanfaat bagi kehidupan beragama. Dan Kerjasama sebagai aktualisasi dari keharmonisan umat beragama tentu sangat tergantung dari kemauan umat beragama itu sendiri.” Tambahnya.

Sementara, sebagai tolak ukur untuk melihat keharmonisan KUB ini ada 5 indikator yang bisa dijadikan ukuran, yakni pertama, berkembangnya pemahaman agama yang moderat, seperti pemahaman agama moderat  ini sangat mendukung lahirnya toleransi dan kerja sama tanpa mengusik sedikitpun keyakinan masing-masing. Setiap individu dan kelompok agama memiliki hak yang sama untuk hidup dan mengamalkan nilai-nilai yang diyakini kebenarannya.

Indikator Keharmonisan KUB kedua, meningkatnya pemahaman dan pengamalan agama, seperti Kehidupan umat beragama yang harmonis dapat mendorong peningkatan pemahaman  dan pengamalan ajaran agama, karena semua pemeluk agama mempunyai keleluasaan menjalankan ajaran agamanya dengan sebaik-baiknya tanpa ada gangguan. Dengan menguatnya keharmonisan umat beragama juga akan terjadi peningkatan pemahaman yang komprehensif  tidak parsial, radikal dan simbolis tapi di implementasikan dalam kehidupan .

“Indikator Keharmonisan KUB ketiga, berkurangnya konflik bernuansa sosial keagamaan dengan kerukunan umat beragama yang baik akan berdampak pada berkurangnya  konflik bernuansa sosial keagamaan. Indikator yang keempat, berkembangnya kerjasama umat beragama dalam kehidupan sosial seperti kehidupan umat  beragama yang  harmonis dapat diukur dari terbangunnya kerjasama sosial diantara kelompok-kelompok agama yang ada,” lanjut H. Jamzuri.

Dan terakhir sebagai Indikator Keharmonisan KUB kelima, perlakuan yang adil dalam berbagai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, seperti kehidupan umat beragama yang harmonis harus terindikasikan dengan berkurangnya kecemburuan sosial, perlakuan yang adil dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sangat erat hubungannya dengan terwujudnya keharmonisan umat beragama.

“Hubungan keharmonisan, integrasi sosial dan kesatuan bangsa pada akhirnya adalah terwujudnya peningkatan rasa aman dan damai, penguatan ketahanan sosial masyarakat, penguatan wawasan kebangsaan, peningkatan harkat dan martabat bangsa dan peningkatan suasana kondusif untuk pembangunan,” pungkasnya.

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…