Skip to main content

Evaluasi Pendataan EMIS di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun

Karimun (Humas) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Pendidikan Islam, Senin (14/12/2015) melaksanakan kegiatan Sinkronisasi dan Update Data Pendidikan Islam bertempat di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Karimun.

Kasi Pendidikan Islam Drs. H. Riadul Afkar dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa evaluasi terkait pendataan Emis untuk Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016.

“Pertama, masih banyak terjadi kesalahan dalam pengisian format data seperti data tidak terisi, pengisian data tidak sesuai petunjuk, terjadi pergeseran kolom data. Kedua, masih banyak lembaga yang belum menyampaikan datanya, termasuk madrasah negeri. Ketiga, titik koordinat lembaga masih banyak yang tidak terisi/pengisian tidak sesuai petunjuk.” Ungkap H. Riadul Afkar.

Selanjutnya keempat, lanjut H. Riadul Afkar, data sarana prasarana masih banyak yang tidak terisi atau pengisian tidak lengkap dan tidak sesuai petunjuk. Kelima, Data yang seharusnya permanen, seperti Nomor Statistik, NPSN & Kode Satker masih tidak konsisten.

“Sebagaimana diketahui bahwa data EMIS menjadi sumber utama referensi data di lingkup Ditjen Pendidikan Islam sebagaimana surat edaran dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : SE/DJ-I/PP.00.9/63/2013 tanggal 24 Juli 2013 tentang Kebijakan Pendataan Pendidikan Islam Satu Pintu melalui EMIS. Karena itu data EMIS harus terjamin kelengkapan, keakuratan dan ketepatan waktunya sehingga data EMIS dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh seluruh pemangku kepentingan untuk berbagai keperluan.” Kata H. Riadul Afkar.

Kasi Pendidikan Islam juga mengingatkan bahwa untuk mengatasi kualitas data yang kurang baik maka diharapkan proses validasi data perlu dilakukan secara dini dari mulai tingkat lembaga dan meminta format data tidak boleh diubah-ubah oleh pengisi data atau pihak lain.

“Karena itu format data Excel data Emis itu dikunci dengan menggunakan password. Dan terakhir, saya mengajak kepada kita semua untuk bersama-sama untuk mensukseskan kegiatan pemutakhiran data EMIS ini sehingga data Emis ini benar-benar bisa dijadikan sumber untuk dimanfaatkan dan digunakan oleh seluruh pemangku kepentingan untuk berbagai keperluan.” Pungkasnya.

Berikut adalah hasil rekapitulasi Data Pendidikan Islam Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016 di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

Raudhatul/Bustanul Athfal (RA/BA), jumlah lembaga ada 9 dengan jumlah personal sebanyak 47 dan jumlah siswa 347 dan data yang sudah masuk di EMIS 100%.

Madrasah Ibtidaiyah (MI), jumlah lembaga ada 11 dengan jumlah personal sebanyak 201, jumlah siswa 2151 dan data yang sudah masuk di EMIS 100%.

Madrasah Tsanawiyah (MTs), jumlah lembaga ada 10 dengan jumlah personal sebanyak 226, jumlah siswa 1.704 dan data yang sudah masuk di EMIS 100%.

Madrasah Aliyah (MA), jumlah lembaga ada 4 dengan jumlah personal sebanyak 86, jumlah siswa 1249 dan data yang sudah masuk di EMIS 100%.

Pondok Pesantren  (Ponpes), jumlah lembaga ada 8 dengan jumlah personal sebanyak 102, jumlah santri 730 dan data yang sudah masuk di EMIS 100%.

Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT), jumlah lembaga ada 77 dengan jumlah personal sebanyak 418, jumlah santri 3.364 dan data yang sudah masuk di EMIS 100%.

Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), jumlah lembaga ada 312 dengan jumlah personal sebanyak 142, jumlah santri 19.637 dan data yang sudah masuk di EMIS 100%.

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…