Skip to main content

Maret, IPHI Kabupaten Karimun Gelar Manasik Haji Bagi JCH 2016 M / 1437 H

Karimun (humas ) – Dalam upaya meningkatkan pemahaman manasik haji bagi JCH Kabupaten Karimun yang akan berangkat pada tahun 2016 M/1437 H ini, Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Karimun akan menggelar kegiatan manasik. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Sekretaris PD. IPHI Kabupaten Karimun, H. Sufriadi, S.Hi, Selasa, (23/2/2016).

“Penetapan rencana kegiatan manasik bagi JCH yang akan berangkat pada tahun 2016 M/1437 H ini berdasarkan hasil rapat Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Karimun tentang Program dan Kegiatan tahun 2016 tanggal 16 Februari 2016 di Aula Asrama Haji An Namirah Masjid Agung Karimun lalu,” ungkap H. Sufriadi.

H. Sufriadi lebih lanjut menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan  Manasik Haji oleh PD. IPHI Kabupaten Karimun Tahun 2016 M / 1437 H  ini akan dilaksanakan pada bulan Maret 2016 sebanyak 6 kali pertemuan yakni tanggal 5, 6, 12, 13, 19 dan 20 Maret 2016 dan dilaksanakan di dua tempat yakni di Pulau Karimun dan Pulau Kundur.

“Terkait dengan pelaksanaan kegiatan manasik ini pula, kita sudah mengadakan pertemuan teknis dengan JCH asal Pulau Karimun pada tanggal 21 Februari 2016 lalu di Aula Kementerian Agama Kabupaten Karimun. Adapun pertemuan dengan JCH Pulau Kundur termasuk JCH Kec. Moro dan Durai akan dilaksanakan pada hari Minggu ini tanggal 28 Februari 2016 di Aula Pertemuan Haji Kecamatan Kundur.” Tambah H. Sufriadi. 

Adapun materi yang akan disampaikan dalam kegiatan Manasik ini, jelas Sufriadi diantaranya tentang Kebijakan Pemerintah Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, Kebijakan Pemerintah Tentang Kesehatan Haji, Bimbingan Perjalanan Haji, Pembentukan Regu Dan Rombongan Serta Permasalahannya, Penyelenggaraan Ibadah Umrah, Penyelenggaraan Ibadah Haji, Kebiasaan Dan Tradisi Bangsa Arab, Fiqh Haji Wanita, Barang Bawaan Jamaah, Dokumen Jamaah Calon Haji, Keselamatan Penerbangan Haji dan gladi posko.

Untuk kelancaran kegiatan manasik tahun 2016 M / 1437 H ini, masih menurut H. Sufriadi, IPHI Kabupaten Karimun akan berkooordinasi dan bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dan Kepala KUA Kecamatan Se-Kabupaten Karimun.

Comments