Skip to main content

Penjaringan Siswa MTs/SMP di Karimun Untuk Masuk MAN IC Batam

Karimun (Humas) – Sehubungan dengan penerimaan siswa baru MAN Insan Cendekia (IC) Kota Batam tahun pelajaran 2016/2017, Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Pendidikan Islam melakukan penjaringan kepada siswa-siswi MTs/SMP di Karimun yang berminat untuk mendaftar.

“Kita sudah surati ke Kepala MTs dan Kepala SMP yang ada di Kabupaten Karimun untuk mensosialisasikan pendataan siswa yang berminat masuk MAN IC Kota Batam.” Ungkap Kepala Seksi Pendidikan Islam Drs. H. Riadul Afkar, Kamis (18/2/2016).

Untuk tahap awal ini,  lanjut H. Riadul Afkar penjaringan baru tahap pendataan bagi siswa yang berminat tanpa ada persyaratan apapun. Ketentuan persyaratan untuk mengikuti seleksi masuk MAN IC akan diumumkan nantinya.

“Kita harapkan kerjasama dari Kepala MTs dan Kepala SMP untuk segera menginformasikan kepada siswanya dan melakkukan pendataan, karena data yang kita terima akan dikirim ke Kanwil kemenag provinsi Kepri tanggal 29 Februari 2016 ini.” Tambah H. Riadul

Untuk diketahui MAN IC adalah merupakan salah satu Rencana Strategis Kementerian Agama yang menyatakan bahwa untuk meningkatkan daya saing bangsa, perlu dikembangkan Madrasah bertaraf internasional pada tingkat kabupaten/kota melalui kerjasama yang konsisten antara pemerintah dengan pemerintah kabupaten/kota yang bersangkutan.

Dan MAN IC di Kota Batam adalah salah satu di antara 20 MAN IC yang sedang di bangun oleh Kementerian Agama. Enam diantaranya telah beroperasi pada tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu di MAN IC Aceh Timur Aceh, OKI Sumatera Selatan, Siak Riau, Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung, Paser Kalimantan Timur dan Kota Pekalongan Jawa Tengah.

Adapun MAN Insan Cendekia memiliki tujuan sebagai berikut; (1). Mengembangkan pendidikan madrasah yang istimewa dalam bidang sains dan teknologi yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan sosial. (2). Mereproduksi keunggulan dan menyempurnakan MAN Insan Cendekia ke berbagai daerah agar menjadi madrasah yang bermutu, unggul, dan berdaya saing global. Dan (3). Memperluas akses bagi masyarakat untuk memperoleh pendidikan madrasah yang bermutu, ber-keunggulan lokal, dan berdaya saing global dengan biaya yang sangat terjangkau, dan beasiswa bagi anak-anak yang cerdas istimewa dan berbakat istimewa.

Comments