Skip to main content

Tim Itjen Kemenag RI Evaluasi Pelaksanaan Zona Integritas di Kemenag Karimun

Arief Aditya Arman (kanan) Tim Evaluasi ZI dari Itjen Kemenag RI saat melaksanakan evaluasi Pelaksanaan ZI di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Kamis (2/12)
Karimun (Humas) Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI melalui salah satu tim Zona Integritas (ZI) melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan ZI di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun selaku salah satu satker pilot project ZI di Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau.

Salah satu anggota Tim Evaluasi Pelaksanaan ZI di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau tiba di Kabupaten Karimun atas nama Arief Aditya Arman pada hari Rabu (30/11).

Arief menjelaskan bahwa Tim ZI untuk Wilayah Provinsi Kepulauan Riau terdiri atas 5 orang yakni Endang Kusnadi, Nurul Ghazy, Sohiroh, Erfan, Mukodas Arif Subekti dan dan Arief Aditya Arman berdasarkan Surat Tugas Nomor:1735/IJ/Set.IJ/11/2016 tanggal 24 November 2016.

“Lima orang tim Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI ini ditugaskan untuk melaksanakan kegiatan evaluasi pembangunan Zona Integritas di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau yakni pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Bintan, Lingga, Batam dan Tanjung Pinang.” Jelas Arief saat memberikan sambutan pada pertemuan awal, Kamis (1/12) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun. 

Arief juga menjelaskan bahwa Kementerian Agama secara Nasional telah mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada Desembar 2012 lalu. Kementerian Agama bahkan telah menerbitkan Instruksi Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Kementerian Agama.

Dalam penerapan Zone Integritas ini merujuk kepada Permenpan dan RB  Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM  di Lingkungan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dimana proses pembangunan zona integritas dilaksanakan melalui penerapan program pencegahan yang akan diukur melalui indikator pengungkit dan proses.

Untuk diketahui bahwa Kementerian Agama Kabupaten Karimun menjadi salah satu dari lima Kemenag Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau yang menjadi Pilot Project Implementasi Zona Integritas (ZI). Empat Kabupaten/kota lainnya adalah Kankemenag Kota Batam, Kankemenag Kota Tanjungpinang, Kankemenag Kabupaten Bintan dan Kankemenag Kabupaten Lingga. Penetapan Kankemenag Kabupaten/Kota ini menjadi Pilot Project Implementasi Zona Integritas (ZI)  di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 106 Tahun 2016 tentang Penetapan Satuan Kerja sebagai Pilot Project Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani pada Kementerian Agama Tahun 2016 serta surat Edaran dari Kanwil dengan nomor Kw.32.1/2/OT.07.6/317/2016 tanggal 9 Februari 2016 perihal Penetapan Satuan kerja Untuk Pilot Project Implementasi Zona Integritas (ZI)   Tahun 2016.

“Implementasi ZI dilakukan guna pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM). Dan dengan adanya evaluasi pelaksanaan ZI di Kankemenag Kabupaten Karimun oleh Irjen Kemenag RI ini, diharapkan kita bisa mengetahui apa saja kelemahan dan kekurangan dalam pelaksanaan ZI di kantor kita dan kedepan bisa kita perbaiki dan sempurnakan.” Demikian diungkapkan Kasubbag TU Kemenag Kabupaten Karimun H. Jamzuri saat memberikan sambutan, Kamis (1/12) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.
Pelaksanaan evaluasi zona integritas di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun oleh Tim ZI dari Irjen Kemenag RI ini  berlangsung selama 2 hari penuh dari pagi hingga sore pada hari kamis dan jumat dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun mendapat nilai 67.81, terdiri atas Penilaian Pengungkit 35.31 dan Penilaian Proses 32.50. 

Menanggapi hasil akhir penilaian evaluasi pelaksanaan Zona Integritas di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun ini, Kasubbag TU H. Jamzuri berkomitmen untuk meningkatkan pelaksanaan ZI di Kemenag Kabupaten Karimun pada tahun berikutnya. 

“Karena ini adalah tahun pertama dari pelaksanaan dan evaluasi ZI di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, kita maklumi bahwa masih banyak kekurangan dan kelemahan, karena banyak hal yang belum kita ketahui dan kita pahami dari pelaksanaan ZI ini dan Insya Allah, tahun depan kita berkomitmen untuk meningkatkan lagi pelaksanaan ZI di tempat kita dengan target nilai yang bisa kita raih pada tahun depan adalah 80 ketas.” Harap H. Jamzuri yang mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Afrizal yang sedang melaksanaan cuti.
Tim Evaluasi ZI dari Itjen Kemenag RI, Arief Aditya Arman (kiri) didampingi Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Karimun H. Jamzuri (kanan), Kamis (1/12)

Sesi Foto bersama Tim Evaluasi ZI dari Itjen Kemenag RI, Arief Aditya Arman bersama pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Jumat (2/12) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…