14 Jamaah Dari Kloter I BTH Batam Akan Melaksanakan Tarwiyah

Karimun (Humas) – Sebanyak 14 orang jamaah yang tergabung di Kloter I BTH memutuskan untuk melaksanakan Tarwiyah. Informasi sebagaimana dilaporkan oleh Ketua Kloter 1 BTH Batam, Endang Sry Wahyu, Selasa (22/8/2017).

“Sampai hari ini sudah ada 14 jamaah dari Kloter 1 BTH Batam yang memutuskan untuk melaksanakan Tarwiyah, 11 orang dari Batam, 2 dari Lingga dan 1 dari Bintan.” Jelas Endang melalui pesan WA.

Mereka yang memutuskan untuk melaksanakan Tarwiyah ini, jelas Endang, wajib membuat surat pernyataan dan ditandatangani dengan materai dan diketahui oleh oleh Ketua  Kloter, Ketua Rombongan, Ketua Regu dan Kepala Sektor karena mereka akan terpisah dari Kloter 1 BTH dari tanggal 7 Dzulhijjah hingga 14 Dzulhijjah 1438 H.

“Jadi mereka nantinya akan melaksanakan haji dengan berjalan kaki dari Masjdil Haram ke Arafah pulang pergi mulai dari tanggal 7 hingga 14 Dzulhijjah 1438 H.” jelas Endang.

Untuk diketahui, mereka yang memutuskan untuk melaksanakan Tarwiyah pada hari ke 8 dari bulan dzulhijjah ini jamaah calon haji setelah berihram, mereka menuju Mina untuk bermalam yang keesokan harinya baru menuju Arafah. 

Kegiatan tarwiyah, bisa dilakukan jamaah secara sendiri, namun biasanya dilakukan secara berkelompok. Kelompok dimaksud bisa saja dalam satu rombongan di kloter, atau bersama kelompok bimbingan/KBIH.

Melaksanakan tarwiyah adalah sunah Rasul namun dalam sistem penyelenggaraan haji Indonesia, pemerintah Indonesia secara resminya tidak memfasilitasi pelayanan terhadap amaliah tarwiyah Tapi pemerintah juga tidak melarangnya. Dan pemerintah memastikan tetap memantau jamaah haji Indonesia yang melaksanakan Tarwiyah.

“Jadi dari Kabupaten Karimun sampai saat ini belum ada jamaah yang akan  melaksanakan Tarwiyah.” Tutup Endang.

Comments