Pesan dan Nasehat Kakankemenag Karimun H. Lukman Kepada Pegawainya.

Karimun (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Lukman, pagi tadi Rabu (5/10/2017) melakukan rapat bersama dengan pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun bertempat di Aula Kankemenag Kabupaten Karimun. Dan ini merupakan rapat perdana setelah ia dilantik pada Selasa (3/10/2017) lalu menggantikan H. Afrizal.

Dalam pertemuan tersebut selain mendengar keluhan dan permasalahan yang dirasakan oleh Kepala Madrasah, KUA dan lainnya ia juga banyak memberikan pesan dan nasehat kepada pegawainya  di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

Pertama, ia mengkritisi peserta rapat yang tidak membawa catatan, padahal catatan merupakan hal yang sangat penting dalam banyak hal.

“Jika ada catatan, bapak ibu bisa menuntut kepada saya, bagaimana dengan tindaklanjut dari rapat yang dilaksanakan pada tanggal sekian, bapak ibu bisa menuntut jika memiliki catatan rapatnya.” Jelasnya.

Kedua, ia mengkritisi peserta rapat yang masih ada menerima sms, sehingga dianggap tidak fokus. Ketiga adalah ketidaksiapan data, seharusnya dalam menyampaikan sesuatu harus didukung dengan data.

“Selain adanya catatan, kesiapan data juga harus terdokumen, termasuk acara hari ini, harus ada dokumentasinya dan diarsip. Jika perlu fotonya itu ada ada tanggalnya.” Jelas H. Lukman. 

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa pertemuan hari ini dirinya dengan pegawai di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Karimun merupakan kehendak Allah SWT. 

“Sebagaimana kita ketahui, sebagai pegawai negeri ada 4 yang tidak bisa ditolak, yakni siapa atasan kita, siapa bawahan kita, siapa mitra kerja kita, dan apa jabatan serta dimana kita ditugaskan.” Tambahnya.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan permohoanan agar dapat diterima dan dibantu dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun yang baru.

“Terimalah saya apa adanya dengan segala kekurangan, tutupilah kekurangan saya dengan bekerjasama, memberi masukan. Saya ini orang lapangan, silakan telpon, sms saya, berdiskusi dengan saya, beri informasi, tidak masalah tapi yang pasti tidak semua masukan atau keinginan bisa diakomodir.” Ungkapnya lagi.

Selanjutnya ia berpesan kepada seluruh pegawai Kemenag Karimun agar bekerja sesuai aturan, bekerja sesuai hak dan wewenang serta bekerja sesuai  etika. Selain itu ia juga menyampaikan bahwa hendaknya pegawai itu bekerja untuk menghalalkan gaji yang diterima, mendapatkan penghasilan yang barakah serta melakukan investasi amal.

“Itu harus dipegang waktu bekerja, bekerjalah secara alami, lurus, jangan berkelok-kelok. Jangan lupa tanggung jawab diri, kesehatan, keluarga, bersosial. Itu perlu” tegasnya.

Ia juga menegaskan bahwa dirinya sebagai pimpinan yang baru akan bersikap seperti pelatih yang akan menempatkan orang pada posisinya yang tepat supaya hasil kerja yang dicapai bisa optimal dan  maskimal.

Dan ia juga berpesan kepada seluruh pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun harus menguasai Teknologi Informasi, karena hampir seluruh lini kehidupan saat ini bersentuhan dengan teknologi informasi.

“Harus akrab dengan IT,” katanya sambil menjelaskan pengalamannya saat bersentuhan dengan teknologi informasi.

Terakhir ia meminta perlunya menjalin kebersamaan karena ia menyadari bahwa tidak akan berhasil jika hanya berbuat sendiri.

“Harus bekerja secara tim. Mudah-mudahan kebersamaan kita ini mendapat berkah dari Allah SWT dan Kantor Kemenag Kabupaten Karimun kedepan akan bertambah maju.” Tutupnya.

Rapat perdana Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun yang baru ini berakhir sekitar pukul 12.00 WIB dan dihadiri Kasubbag TU, Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan, Kepala Madrasah dan Pimpinan Pondok Pesantren dan seluruh pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

Comments