Kepala BNN Karimun: Perlunya Sinergitas Kemenag dengan BNN dalam Pencegahan Narkoba

Karimun (Humas) - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Karimun Kompol Ahmad Soleh Siregar, Rabu (14/2/2018), ruang pertemuan Jamiatul Birri, Masjid Agung Karimun, menyampaikan perlunya sinergisitas antara Kementerian Agama Kabupaten karimun dan BNN Kabupaten Karimun dalam upaya pencegahan narkoba.

“Sinergitas antara Kementerian Agama dan BNN sangat penting dalam upaya pencegahan narkoba, karena BNN tidak bisa bekerja sendiri dalam upaya pencegahan narkoba. Kita bisa bekerjasama dalam banyak hal dalam upaya pencegahan narkoba.” Jelas Ahmad Soleh Siregar.

Ahmad Soleh Siregar pun memaparkan pernyataan Presiden RI Jokowi dalam Rapat Kabinet  Khsuus Narkoba pada tanggal 24 Februari 2016 yang meminta BNN, Polri, Kementerian dan Lembaga Negara lainnya bergerak bersama dan bersinergi dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.
“Jika kita bisa bersama-sama bersinergi maka kita bisa menekan peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang semakin marak ini.” Tambahnya.

Dengan adanya berbagai lembaga di bawah koordinasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun seperti Kantor Urusan Agama Kecamatan, Madrasah Negeri atau Swasta mulai dari tingkat RA, MI, MTs dan MA,  pendidikan non-formal seperti TPQ, DTA, Pondok Pesantren, Majelis Taklim, Masjid, Penyuluh Agama PNS maupun  Non-PNS tentunya pesan-pesan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Sebelumnya, dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun menyampaikan kepada pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun untuk turut serta dalam upaya pencegahan bahaya narkoba.

“Jadi sesuai dengan tugas kita masing-masing, maka diharapkan setiap kita turut serta dalam upaya pencegahan bahaya narkoba. Seperti Kepala KUA bisa memasukkan pesan-pesan bahaya narkoba saat menyampaikan bimbingan perkawinan kepada catin atau saat menyampaikan khutbah nikah, kepada kepala sekolah dan guru mulai dari tingkat RA, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah bisa menyampaikan pesan-pesan bahaya narkoba kepada siswa-siswi, begitu juga dengan penyuluh agama kita baik yang negeri maupun yang non-pns bisa menyampaikan pesan bahaya narkoba saat melaksanakan kepenyuluhannya.” Pinta Ka. Kankemenag Karimun H. Lukman.

Sementara itu, H. Kholif Ihda Rifai, Kepala Seksi Bimas Islam yang turut menjadi salah satu peserta menyampaikan akan mengusahakan menyiapkan naskah khutbah jumat tentang bahaya narkoba yang akan disampaikan secara serentak di setiap Masjid pada waktu khutbah shalat jumat.

“Insya Allah, akan kita upayakan nantinya akan disiapkan naskah khutbah jumat bersama tentang bahaya narkoba.” Jelas H. Kholif Ihda Rifai.

Comments