Pelaksanaan Pembinaan Manasik Haji 2018 Oleh IPHI Kabupaten Karimun

Karimun (Humas) - Bahwa dalam rangka meningkatkan pengetahuan Jamaah Calon Haji Kabupaten  Karimun Tahun 1439 H / 2018 M Pengurus IPHI Kabupaten Karimun tetap berkomitmen untuk melaksanakan Pembinaan Manasik Haji dan Pelaksanaan Gladi Posko Manasik Haji.

“Bimbingan seperti ini sangat diperlukan oleh  Jamaah Calon Haji untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait ibadah haji dan juga sebagai gambaran bagaimana pelaksanaan penyelenggaraan haji, mulai dari Embarkasi dan di Arab Suadi hingga kembali ke Debarkasi.” Kata H. Harris Fadillah, S.Ag. Ketua IPHI Kabupaten Karimun.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan ini lanjut Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Surat Keputusan Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Karimun Nomor 02 Tahun 2018 Tentang Panitia Pelaksana Pembinaan Manasik Haji Kabupaten Karimun Tahun 1439 H / 2018 M.

”Adapun tujuan dari kegiatan pelaksanaan manasik haji ini pertama, diharapkan jamaah calon haji dapat mengerti penyelenggaraan Manasik Haji dan menerima informasi yang benar tentang penyelenggaraan haji. Kedua, diharapkan jamaah calon haji dapat menjadi Haji Mandiri dan ketiga diharapkan Jamaah Calon Haji saling kenal dengan sesama jamaah calon haji yang akan berangkat bersama-sama ke tanah suci tahun ini.” Tambahnya.

Kegiatan pembinaan Manasik Haji yang diselenggarakan oleh IPHI Kabupaten Karimun ini dilaksanakan selama empat hari yakni pada tanggal 17 dan 18 Maret dan pada tanggal 24 dan 25 Maret 2018.

”Pembinaan Manasik Haji Bagi Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun Tahun 1439 H / 2018 M, oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia dibuka secara resmi oleh Bupati Karimun pada tanggal 17 Maret 2018, yang pada saat itu diwakili oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Bapak Drs. M. Tang, MM. Di Masjid Agung Kabupaten Karimun.” Tambah H. Harris Fadillah lagi.

Pembinaan manasik dalam bentuk penyampaian materi dilaksanakan di dua tempat yaitu di Pulau Karimun tepatnya di Aula Darunnadwah Masjid Agung Karimun yang diikuti oleh Jamaah Calon Haji, Kecamatan Karimun, Tebing, Meral, Meral Barat dan Moro. Sedangkan di Pulau Kundur di Balai Haji Kundur, yang diikuti oleh Jamaah Calon Haji Kecamatan Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara dan Ungar.

Adapun sebagai narasumber dalam kegiatan pembinaan manasik ini yakni Ketua IPHI Kab. Karimun H. Harris Fadillah dengan materi Pelestarian Haji Mabrur dan Praktek Lapangan Gladi Posko di Miniatur Madinah. Ka. Kankemenag Kab. Karimun, H. Lukman dengan materi Kebijakan Penyelenggaran Ibadah Haji. Wakil Ketua II IPHI Kab. Karimun H. Samsudin menyampaikan materi Ibadah Umrah dan Perjalanan Haji serta Praktek Lapangan Gladi Posko  di Miniatur Bir Ali. Wakil Ketua I IPHI Kab. Karimun H. Rizal Aidi menyampaikan materi Ibadah Umrah dan Pembimbing Bus 4  Pada Pelaksanaan Gladi Posko. Sekretaris IPHI Kab. Karimun H. Sufriadi menyampaikan materi Praktek Lapangan Ibadah Umrah Pada Pelaksanaan Gladi Posko dan Moderator

Selanjutnya  sebagai narasumber adalah Kabag Pendidikan Latihan IPHI Kab. Karimun H. Jamzuri menyampaikan materi tentang Ibadah Haji dan Praktek Lapangan Gladi Posko di Miniatur Arafah. Kabag Keluarga Sakinah IPHI Kab. Karimun H. Abdurrahman Nurani menyampaikan materi tentang Fiqh Haji dan  Praktek Lapangan Gladi Posko di Miniatur Mina. H. Azali Samad Bagian Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi IPHI Kab. Karimun menyampaikan Ibadah Umrah, Fiqh Haji dan  Pembimbing Bus 7  Pada Pelaksanaan Gladi Posko. 

Narasumber berikutnya adalah Hj. Salmah Dely Bagian Peranan Wanita dan Pembinaan Pemuda IPHI Kab. Karimun menyampaikan materi tentang Fiqh Haji Wanita di Tg. Batu Kundur sedangkan Wakil Sekretaris III IPHI Kab. Karimun Hj. Khairiyah juga menyampaikan materi Fiqh Haji Wanita di pulau Kundur. Kabag Bina Usaha dan Pemberdayaan Umat IPHI Kab. Karimun Dr. H. Ade Kristiawan menyampaikan tentang Kesehatan Haji. Kabag Dakwah dan Penerangan IPHI Kab. Karimun H. Zulfan Batu Bara menyampaikan materi tentang Tradisi Bangsa Arab, Dam dan Qurban di Pulau Karimun sedangkan di pulau Kundur disampaikan oleh Pengurus PC IPHI Kec. Kundur H. Munzir Usman. Praktisi Haji Prov. Kepri H. Afrizal yang menyampaikan tentang Perjalanan Ibadah Haji. 

”Sedangkan Pada Pelaksanaan Gladi Posko, Bupati Karimun, Bapak H. Aunur Rafiq, S.Sos, MSi langsung melepas secara resmi kegiatan tersebut sekaligus penutupan rangkaian pelaksanaan pembinaan manasik haji yang dilaksanakan oleh IPHI Kabupaten Karimun.” Terang Harris Fadillah lagi.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah  209 orang, yang terdiri dari Kecamatan Karimun sebanyak 55 JCH, Kecamatan Meral 36 JCH, Kecamatan Meral Barat  6 JCH, Kecamatan Tebing 44 JCH, Kecamatan Kundur 49 JCH, Kecamatan Kundur Barat 7 JCH, Kecamatan Kundur Utara 8 JCH, Kecamatan Ungar 2 JCH dan Kecamatan Moro 2 JCH.

Comments