Kemenag Karimun Akan Laksanakan Bimbingan Manasik Haji Bagi JCH Tahun 2018

Karimun (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah  tahun 2018 ini kembali akan melaksanakan Manasik Haji bagi JCH dari Kabupaten Karimun. Sebelumnya kegiatan pembinaan Manasik Haji bagi JCH Karimun sudah dilakukan oleh IPHI Kabupaten Karimun.

Namun Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Drs. H. Samsudin saat ditemui pagi ini, Kamis (19/4/2018) belum bisa memastikan waktu pelaksanaannya.

“Mungkin sekitar akhir April atau awal Mei dilaksanakan, karena masih menunggu pencairan dana PKOH (Pengelolaan Keuangan Operasional Haji).” Kata H. Samsudin.

Masih menurut H. Samsudin pada tahun ini kegiatan bimbingan manasik haji di tingkat KUA Kecamatan dilaksanakan sebanyak 8 (delapan) kali pertemuan dengan alokasi waktu setiap kali pertemuan sebanyak 4 jam pelajaran dan setiap 1 jam pelajaran selama 60 menit.

“Materi yang akan kita sampaikan kepada jamaah nantinya meliputi manasik ibadah, manasik perjalanan, hak dan kewajiban, dan manasik kesehatan. Materi utama dalam bimbingan manasik haji itu berasal dari Buku Paket Bimbingan Manasik Haji dan Umrah serta Doa dan Dzikir Manasik Haji dan Umrah.” Kata H. Samsudin lagi.

“Proses pembelajaran manasik haji nantinya akan lebih banyak prakteknya daripada teori, dengan komposisi rasio 30 % teori dan praktik 70 %.” Tambah H. Samsudin.

Adapun sebagai penanggungjawab pelaksanaan kegiatan manasik di tingkat kecamatan adalah Kepala KUA Kecamatan dan bagi Kecamatan yang jamaahnya kurang dari 45 orang harus bergabung dengan KUA Kecamatan terdekat.

“Dan pelaksanaan bimbingan secara keselurahan JCH Kabupaten Karimun tahun 2018 nanti akan dilaksanakan langsung oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.” Tutup H. Samsudin.

Comments