Penyelenggara Buddha Karimun Melakukan Pembinaan Rumah Ibadah Buddha di Moro

Karimun (Humas) – Penyelenggara Buddha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Sudir, S.Pd pada Jumat (27/4/2018) lalu melakukan peninjauan ke beberapa rumah ibadah Buddha yang ada di Kecamatan Moro.

“Peninjauan ini kita laksanakan dalam rangka memberikan bimbingan dan pembinaan kepada para pengurus rumah ibadah Buddha yang ada di Kecamatan Moro.” Ungkap Sudir, Senin (30/4/2018) saat ditemui di ruang kerjanya.

Sudir, Sp.D mengatakan pada kesempatan tersebut sempat meninjau dan melakukan pembinaan di 3 Rumah Ibadah Buddha, yakni Vihara Dharma Diepa di Kampung Bedan – Moro, Vihara Dharma Tista di Pulau Sugie dan Vipassana Giri di Kampung Sidodadi Kecamatan Moro.

“Beberapa hal yang menjadi perhatian kita dalam melakukan pembinaan adalah terkait data tempat ibadah seperti nama dan alamat rumah ibadah, tahun berdirinya, nomor yang bisa dihubungi, apakah sudah memiliki IMB atau belum, apakah sudah terdaftar di Bimas Buddha, kondisi rumah ibadah secara umum dan kepemilikan tanah tempat ibadah.” Ungkap Sudir.

Selain itu, masih menurut Sudir lagi, dalam peninjauan tersebut juga melihat kelengkapan sarana-prasana yang dimiliki oleh rumah ibadah tersebut seperti apakah ada ruang khusus untuk kegiatan Puja Bhakti, ruang khusus untuk para Bhikku, Samanera dan pendalaman ajaran agama Buddha.

“Kita juga mengecek, apakah ada ruang sekretariat, ruang perpustakaan, berapa jumlah umat yang dibinanya, ada berapa rohaniawannya termasuk berapa jumlah panditanya. Dan terakhir kita lihat juga apakah ada sarana pendukung lainnya seperti Asrama, Tempat Meditasi, Stupa dan lainnya.’ Tutup Sudir.

Comments