Kemenag Karimun Safari Zuhur di Masjid Nurul Huda Telaga Tujuh

Karimun (Humas) –Hari pertama Puasa Ramadhan 1439 H, Kamis (17/5/2018) rombongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melaksanakan kegiatan Safari Zuhur di Masjid Nurul Huda yang terletak di Telaga Tujuh Kolong Bawah Kecamatan Karimun.

Tampak hadir pada safari zuhur  ini Ka. Kankemenag Kab. Karimun Drs. H. Lukman, Kasubbag TU Drs. H. Kholif Ihda Rifai, Kepala Seksi dan Penyelenggara, Ka. KUA Kecamatan Tebing, Kecamatan Karimun dan Kecamatan Meral serta pegawai dilingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Karimun.

Sebagai pemberi Tausiah usai shalat Zuhur adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Lukman. dengan mengangkattema tentang Ketaqwaan.

Kewajiban puasa, jelas H. Lukman, sudah sama-sama dimaklumi sebagaimana difirmankan oleh Allah SWT:

يَااَيُّهَاالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ(البقرة : ١٨٣)

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah : 183)

"Dalam ayat di baca tadi la’allakum tattaqun, salah satunya didorong kemasyhurannya di bulan Ramadhan, karena ia merupakan penutup “Ayat Puasa” yaitu Qs. al-Baqarah: 183. Kita berharap bisa mendapatkan manfaat dengan mengetahui apa saja jalan-jalan yang ditunjukkan oleh Allah di dalam Kitab Suci-Nya agar kita bisa meraih predikat taqwa." Jelas H. Lukman.

H. Lukman lebih lanjut menjelaskan bahwa tujuan puasa yaitu secara jelas dalam Al-Quran menyatakan bahwa tujuan puasa yang hendaknya diperjuangkan adalah untuk mencapai ketakwaan atau la’allakum tattaqun. 

Dalam rangka memahami tujuan tersebut perlu perlu digaris bawahi beberapa penjelasan dari Nabi Muhammad Saw. misalnya, “Banyak di antara orang yang berpuasa tidak memperoleh sesuatu dari puasanya, kecuali rasa lapar dan dahaga.”

"Karena itu, marilah kita bersama-sama memanfaatkan bulan puasa ini untuk beramal sebanyak-banyak agar bisa meraih pahala yang berlipat ganda dan diampuni segala dosa kita dan semoga kita semua bisa mendapat prediket sebagai orang yang bertaqwa. karena belum tentu pada tahun depan kita akan bertemu lagi dengan bulan yang penuh berkah, bulan penuh ampunan ini." tutup H. Lukman.

Comments