Usai Pemeriksaan Kesehatan Haji, JCH Karimun Akan Divaksin Influenza dan Miningitis

Karimun (Humas) – JCH (Jamaah Calon Haji) Kabupaten Karimun yang akan berangkat pada tahun 1440 H/2019 M  ini telah selesai menjalani Pemeriksaan Kesehatan pada hari Selasa (29/1/2019) lalu. Pemeriksaan kesehatan meliputi tes kebugaran, penyuluhan kesehatan haji, pengambilan sampel darah dan urine.

Selanjutnya JCH Karimun akan melalui tahapan vaksinasi meningitis dan influenza sebagai salah satu persyaratan untuk menunaikan ibadah haji.

“Waktu pelaksanaan suntik meningitis dan influenza waktunya belum diketahui, kita masih menunggu informasi dari Dinas Kesehatan. Yang melaksanakan masih dari pihak Puskesmas, dalam hal ini Puskesmas Tg. Balai Karimun dan Puskesmas Tg. Batu.” Jelas H. Endang Sry Wahyu, S.Ag.Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Rabu (30/1/2019).

Untuk diketahui bahwa seseorang yang ingin masuk wilayah Arab wajib divaksin miningitis dengan menunjukkan bukti sertifikat ICV (International Certificate of Vaccination). Tanpa sertifikat itu, orang yang mau ke Arab tidak bisa mendapat Visa. Selain vaksin meningitis, jamaah juga harus divaksin influenza karena termasuk penyakit yang perlu  diwaspadai oleh jamaah Haji/Umroh, saat berada di tanah suci. -(zhir)

Comments