MTQ Cabang Khatil Quran Kabupaten Karimun 2019 Diikuti 51 Peserta

Karimun (Inmas) – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XI Kabupaten Karimun 2019 Cabang Khatil Quran berlangsung Rabu kemarin (27/3/2019) di SMPN 1 Karimun dan diikuti sebanyak 51 peserta dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun.

Cabang Khatil Quran ini atau yang lebih dikenal dengan Cabang Kaligrafi terdiri atas Cabang Naskah Putra dan Putri, Cabang Hiasan Mushaf Putra dan Putri dan Cabang Dekorasi Putra dan Putri.

“Tidak semua kecamatan mengutus peserta di setiap cabang Kaligrafi yang diperlombakan, untuk cabang Naskah Putra diikuti 10 peserta dan Naskah Putri diikuti 10 peserta, di cabang Hiasan Mushaf Putra ada 9 peserta dan Hiasan Mushaf Putri ada 8 Peserta, di cabang Dekorasi Putra diikuti 7 Peserta dan Cabang Dekorasi Putri 7 Peserta.” Jelas Zainudin salah satu Dewan Hakim Kaligrafi.

Pelaksanaan lomba cabang Kaligrafi ini dilaksanakan selama 7 jam dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Untuk cabang Naskah harus membuat dua buah karya Kaligrafi yakni Wajib dan Pilihan diatas lembaran karton putih. Sedangkan untuk cabang Hiasan Mushaf harus membuat karya kaligrafi dengan hiasan diatas kertas karton putih dan terakhir untuk cabang cabang Dekorasi harus membuat Karya Kaligrafi diatas triplek dengan hiasan.

Adapun aspek dalam penilaian lomba Kaligrafi Cabang Naskah adalah dua Aspek, yakni Aspek Kaidah Khat terdiri atas Bentuk dan Proporsi Huruf, Jarak Spasi dan Letak Huruf, Keserasian dan Komposisi Antar Huruf  dan Apek Keindahan Khat terdiri atas Orisinalitas dan  Kreativitas dan Sentuhan Akhir (Kebersihan dan Kehalusan).

Sedangkan pada penilaian lomba Kaligrafi cabang Hiasan Mushaf dan Dekorasi ada 3 Apek Penilaian, yakni Aspek Kaidah Khat terdiri atas Bentuk dan Proporsi Huruf, Jarak Spasi dan Letak Huruf, Keserasian dan Komposisi Antar Huruf  dan Apek Keindahan Khat terdiri atas Orisinalitas dan  Kreativitas dan Sentuhan Akhir (Kebersihan dan Kehalusan) dan terakhir Aspek Keindahan Hiasan terdiri atas Unsur Design dan Tata Warna, Keserasian Format dan Sentuhan Akhir (Kebersihan dan Kehalusan).    (zhir)

Comments