MTQ XI Kabupaten Karimun 2019 Resmi Dibuka Oleh Gubernur Kepri

Karimun (Inmas) - MTQ XI Kabupaten Karimun 2019 yang dilaksanakan di Costal Area Kecamatan Karimun telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun, Selasa malam (26/3/2019) lalu ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Gubernur Kepri H. Isdianto, didampingi Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun, Bupati Karimun Aunur Rofiq, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah serta jajaran pejabat lainnya.

Pelaksanaan MTQ XI Kabupaten Karimun ini akan berlangsung dari tanggal 25 Maret 2019 hingga Sabtu 30 Maret 2019 dan dipusatkan di Costal Area Kecamatan Karimun, diikuti 12 Kecamatan dengan memperlombakan beberapa cabang.

Rangkaian acara pembukaan diawali dengan Tari Persembahan, Defile Kafilah, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Menyanyikan Lagu  Mars Kabupaten Karimun, Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, Pembacaan Doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, H. Jamzuri, Laporan Ketua Umum Panitia Pengarah MTQ XI 2019 oleh Sekda Kab. Karimun, Sambutan Bupati Karimun diawali dengan Penyerahan Piala Bergilir  dari Camat Meral Barat yang menjadi juara MTQ tahun 2018 kepada Bupati Karimun dan diserahkan kepada Ketua Panitia Pelaksana untuk diperebutkan kembali , Pengibaran Bendera LPTQ, Sambutan Gubernur Kepulauan Riau, H. Nurdin Basirun sekaligus membuka secara resmi MTQ XI Kabupaten Karimun Tahun 2019, Tari Kolosal 'Islam Satu Tubuh' dari Sanggar Pelangi Budaya Studio dan ditutup dengan sesi foto Bersama.

Tampak hadir dalam pembukaan MTQ XI Kabupaten Karimun 2019, Gubernur Kepri beserta istri, Wakil Gubernur beserta istri, Bupati dan Wakil Bupati Karimun beserta istri, Sekda Provinsi Kepri beserta istri, rombongan tokoh masyarakat dan tokoh agama dari Provinsi Kepri dianttaranya Huzrin Jood,Ketua mUi provinsi Kepri, anggota DPRD beserta istri, pimpinan FKPD beserta istri, Sekda Kabupaten Karimun beserta istri, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Karimun, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan dan BUMN, pimpinan Ormas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kabupaten Karimun.

Ketua Umum Panitia Pengarah MTQ XI 2019 yang disampaikan oleh Sekda Kab. Karimun dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud dari pelaksanaan MTQ ini adalah untuk menumbuh kembang generasi yang cinta al-Quran.

“Waktu pelaksanaan selama 6 hari dimulai dari 25 sampai 30 Maret 2019. Yang diawali dengan Penyambutan Kafilah, Pawai Takruf, Peresmian Stand Bazar, Pelantikan Dewan Hakim dilanjutkan dengan Pembukaan MTQ di Panggung Putri Kemuning, Pelaksanaan Lomba, Rakerda LPTQ dan Penutupan MTQ. ” Kata Sekda Muhd. Firmansyah.

Muhd. Firmansyah dalam laporannya juga menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ XI Kabupaten Karimun kali ini diikuti sebanyak 370 peserta dengan rincian dari Kecamatan Karimun 34 peserta, Kecamatan Belat 32 peserta, Kecamatan Kundur Utara 28 peserta, Kecamatan Ungar 23 peserta, Kecamatan Kundur 32 peserta, Kecamatan Tebing 24 peserta, Kecamatan Buru 31 peserta, Kecamatan Meral Barat 34 peserta, Kecamatan Kundur Barat 32 peserta, Kecamatan Meral 36 peserta, Kecamatan Moro 36 peserta, dan Kecamatan Durai 29 peserta. 

“Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan ribuan terimakasih atas sumbangsih baik moril maupun materil dari semua pihak teruma dari Kecamatan Karimun yang telah mengorbankan banyak hal tenaga waktu dan pikiran.” Tutupnya.

Sementara itu Bupati Karimun H. Aunur Rafiq dalam sambutannya mengharapkan bahwa pelaksanaan MTQ diharapkan tidak sekedar seremonial dan syiar saja tetapi bisa ada nilai outcome, yakni sebagai sarana pengkaderan dan menghidupkan nilai-nilai al-Quran ke sendi-sendi kehidupan bermasyarakat.

Tidak lupa pula pada kesempatan itu, Bupati Karimun mengajak masyarakat Karimun untuk menyuskseskan pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019 mendatang.

Sedangkan Gubernur Kepri, H. Nurdin Basirun dalam sambutannya menyampaikan rasa kagumnya dengan antusias masyarakat atas pelaksanaan MTQ XI 2019 tingkat Kabupaten Karimun kali ini yang terlihat dengan meriahnya acara dan ramainya masyarakat yang hadir.

Senada dengan H. Aunur Rafiq, H. Nurdin Basirun juga meminta pelaksanaan MTQ tidak hanya sekedar acara seremoni belaka namun harus menjadi upaya untuk memasyarakatkan Alquran dan mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta menyukseskan pemilu 2019 dengan damai. (zhir)




Comments