Pelaksanaan Lomba Cabang Fahmil Quran Pada MTQ XI Kabupaten Karimun 2019

Karimun (Inmas) - Pelaksanaan Lomba Cabang Fahmil Quran pada MTQ XI Kabupaten Karimun 2019 berlangsung selama 3 hari dari tanggal 27 hingga 29 Maret 2019 bertempat di Gedung RMB (Rumpun Melayu Bersatu), Kecamatan Karimun. 

Pelaksanaan musabaqah cabang Fahmil Quran ini terdiri atas dua babak, yakni babak penyisihan dan babak final. Tanggal 27 dan 28 adalah babak penyisihan dan pada tanggal 29 adalah babak Final. Di babak final dilaksanakan dari pukul 08.30 WIb hingga 09.0 WIB untuk regu Putra dan dari pukul 10.00 sampai 11.00 WIB untuk regu Putri.

Empat regu yang masuk babak Final pada cabang Fahmil Quran Putra ini adalah dari Kecamatan Kundur, Kecamatan Tebing, Kecamatan Kundur Barat dan Kecamatan Buru. Dan yang menjadi juara adalah dari Kecamatan Kundur dengan nilai 1.980

Sedangkan pada regu Putri yang masuk babak final adalah dari Kecamatan Kundur, Kecamatan Tebing, Kecamatan Belat dan Kecamatan Meral Barat. Dan yang menjadi juara adalah dari Kecamatan Kundur dengan nilai 2.655

Cabang Fahmil Quran ini terdiri atas Regu Putra dan Putri dan diikuti sebanyak 24 regu, yakni 12 regu Putra dan 12 regu Putri. Dan batasan umur peserta cabang Fahmil Quran ini adalah 17 tahun 11 bulan 29 hari. Peserta merupakan utusan dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun. 

Untuk diketahui Musabaqah Fahmil Qur’an adalah jenis lomba pemahaman atau pendalaman Al-Qur’an dengan penekanan pada pengungkapan ilmu Al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk cerdas cermat. Peserta beregu sebanyak tiga orang yang salah seorang dari regu sebagai juru bicara. 

Materi soal dalam cabang Fahmil Quran ini meliputi banyak bidang pengetahuan, mulai dari pengetahuan aqidah, syariah, akhlak, ulumul Qur’an, bahasa Arab, Inggris dan Indonesia menerjemahkan Al-Qur’an, Hadist, Kemasyarakatan, lingkungan hidup, kependudukan, kesejahteraan, kerukunan, ilmu pengetahuan dan teknologi, ilmu tajwid, menjelaskan/mensyarahkan maksud ayat, ilmu tafsir, kisah-kisah dalam Al-Qur’an, sejarah Islam (Tarikh), sejarah perkembangan Islam di Indonesia, seni baca Al Qur’an dan lain-lain. Materi disajikan dalam bentuk soal yang terdiri atas dua macam, yaitu soal regu dan soal lontaran (rebutan).   (zhir)

Comments