Pelaksanaan Lomba Cabang Hifzil Quran 1 Juz dan 5 Juz Pada MTQ XI Kabupaten Karimun 2019

Karimun (Inmas) - Pelaksanaan Lomba Cabang Hifzil Quran 1 Juz dan 5 Juz pada MTQ XI Kabupaten Karimun 2019 berlangsung selama tiga hari dari tanggal 27 hingga 29 Maret 2019 bertempat di Masjid Darul Jannah, Teluk Air, Kecamatan Karimun.

Pada cabang Hifzil Quran 1 Juz diikuti 23 peserta terdiri atas 11 Putra dan 12 Putri, sedangkan pada cabang Hifzil Quran 5 Juz diikuti sebanyak 19 peserta terdiri atas 10 Putra dan 9 Putri.

Peserta merupakan utusan dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun, namun ada beberapa Kecamatan yang tidak mengutus pesertanya dalam cabang Hifzil Quran ini.

Untuk cabang Hifzil Quran 1 Juz dan 5 Juz Tilawah pada MTQ XI Kabupaten Karimun 2019 ini tidak dilaksanakan babak final.

Untuk diketahui bahwa perlombaan Cabang Hifzil Quran ini adalah perlombaan oleh hafiz-hafizah atau penghafal Alquran secara perorangan perorangan. Dan dalam penilaian cabang Hifzil Quran ada beberapa aspek bidang penilaian yakni Bidang Tajwid, Bidang Tahfiz dan Bidang Fashah. Dan masing-masing bidang penilaian dirinci lagi dalam beberapa aspek penilaian lagi.

Batasan umur untuk cabang Hifzil Quran 1 Juz ini adalah 14 tahun 11 bulan 29 hari sedangkan untuk cabang Hifzil Quran 5 Juz adalah 19 tahun 11 bulan 29 hari. 

Materi pada lomba pada cabang Hifzil 1 Juz Tilawah ini dimulai denan Tilawah dilanjutkan dengan soal hafalan. Untuk materi Tilawah diantara Juz 1 sampai dengan Juz 10 dan Materi Hafalan yakni Juz 1 atau Juz 30, lamanya penampilan untuk materi Tilawah antara 6 hingga 7 menit dan untuk materi hafalan 3 pertanyaan dan masing-masing pertanyaan sekitar 5 sampai 7 baris Al-Quran Bahriyah. Penentuan Maqra Tilawah pada cabang ini diberikan paling lambat 1 jam sebelum penampilan. Sedangkan untuk soal hafalan diberikan ketika peserta akan naik mimbar.

Adapun untuk cabang 5 Juz Tilawah, materi Tilawah diantara Juz 1 sampai Juz 20, untuk hafalan adalah diantara Juz 1 sampai dengan Juz 5. Lamanya penampilan diantara 8 hingga 9 menit untuk tilawah dengan mebawakan minimal 3 lagu. Sedangkan untuk hafalan terdiri atas 3 pertanyaan dan jawaban untuk setiap pertanyaan antara 6 hingga 10 baris Al-Quran Bahriyah. Penentuan Maqra yilawah pada cabang ini diberikan paling lambat 1 jam sebelum penampilan. Sedangkan untuk soal hafalan diberikan ketika peserta akan naik mimbar. Teknis penampilannya sama halnya dengan Hifzil Quran 1 Juz, yakni dimulai dengan tilawah dan dilanjutkan dengan tahfizh. (zhir)

Comments