Pelaksanaan Rakerda LPTQ kelima Kabupaten Karimun Tahun 2019

Karimun (Inmas) – Di Kabupaten Karimun sudah ditetapkan hanya melaksanakan MTQ dan tidak ada lagi STQ karena itu setiap pelaksanaan MTQ di Kabupaten Karimun dilaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPTQ. 

Adapun Rakerda LPTQ Kabupaten Karimun tahun 2019 ini merupakan Rakerda Kelima setelah Rakerda Pertama pada tahun 2006, Rakerda Kedua tahun 2008, Rakerda Ketiga tahun 2012 dan Rakerda Keempat tahun 2017.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Rakerda LPTQ ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Harian LPTQ Kabupaten Karimun H. M. Rasyid Nur, Sabtu (30/3/2019) di Gedung Nasional adalah untuk:

  1. melakukan evaluasi pelaksanaan program LPTQ Kabupaten Karimun untuk satu tahun terakhir, yakni tahun 2018
  2. menyusun program kerja tahun 2019 sebagai pedoman kegiatan dalam satu tahun ke depan
  3. menetapkan langkah-langkah dan kebijakan strategis dalam rangka meningkatkan mutu bacaan dan pemahaman serta minat baca dan menghapal al-Quran di Kabupaten Karimun
  4. merumuskan langkah-langkah dan kebijakan dalam rangka meningkatkan keberadaaan LPTQ Kabupaten Karimun dan LPTQ Kecamatan se-Kabupaten Karimun
  5. menginventarisasi masukan dari kecamatan tentang rencana program kegiatan strategis LPTQ Kabupaten Karimun pada tahun 2019 dan tahun-tahun selanjutnya.


Tema yang  diangkat dalam Rakerda Kelima LPTQ Kabupaten Karimun tahun ini adalah “melalui Rakerda V LPTQ Kabupaten Karimun Kita ciptakan Generasi Qurani untuk Mewujudkan Karimun BERSIH (Beriman, Sehat,  Indah dan Harmonis).”

Kegiatan Rakerda V LPTQ Kabupaten Karimun kali ini diikuti sebanyak 85 peserta dan merupakan utusan dari LPTQ Kecamatan diwakili oleh Sekcam selaku Ketua Umum LPTQ Kecamatan dan Ka. KUA Kecamatan selaku Ketua Harian LPTQ Kecamatan dengan total peserta sebanyak 24 orang. Selanjutnya peserta utusan dari pengurus LPTQ Kabupaten Karimun masa bhakti 2017 – 2021 sebanyak 58 orang dan 3 orang dari Bagian Kesra Pemda Karimun.

Rangkaian kegiatan Rakerda LPTQ Kelima Kabupaten Karimun tahun 2019 ini diawali dengan acara pembukaan dengan menyanyikan lagu  Indonesia Raya, pembacaan ayat suci al_Quran, doa, Laporan Ketua Panitia Pelaksana, Pengarahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan rakerda LPTQ oleh Bupati Karimun. Dan dilanjutkan dengan Sidang Pleno I berupa penjelasan kegiatan, Sidang Pleno II berupa penyampaian materi, Sidang Pleno III berupa pembagian Komisi dan penyampaian hasil siding komisi. (zhir)

Comments