Pelaksanaan PKB Online Bagi Guru PAI di Kabupaten Karimun Tahun 2019

Karimun (Inmas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Pendidikan Islam hari ini, Kamis (25/4/2019) dan Jumat (26/4/2019) besok melaksanakan Ujian PKB Online bagi GPAI Se-Kabupaten Karimun.

“Ujian PKB Online bagi GPAI ini dilaksanakan serentak se-Kabupaten Karimun dan diikuti sebanyak 187 Guru PAI mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK.” Terang Tugiatno Kasi Pendidikan Islam, Kamis (25/4/2019).

Pelaksanaan  PKB online bagi GPAI di Kabupaten Karimun ini dilaksanakan di dua lokasi yakni di Pulau Karimun dan Pulau Kundur. Di Pulau Kundur dipusatkan di MI Nurul Huda Telaga Tujuh, sedangkan yang di Pulau Kundur dilaksanakan di MTsN Karimun Tanjung Batu Kundur.

Untuk diketahui, berdasarkan penjelasan dari Tugiatno selaku Kasi Pendis, PKB ini adalah kepanjangan dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) maksudnya adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya sebagaimana disebut dalam Peraturan Menteri Negara PAN-RB. Nomor 16 Tahun 2009.

“Setiap Guru PAI yang harus menguasai 6 kompetensi yakni Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kompetensi Profesional, Kompetensi Spiritual, Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Leadership  sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor  211 Tahun 2011. Dan PKB Online ini adalah alat ukur untuk melihat sejauh mana kompetensi tersebut sudah dikuasai oleh guru.” Terang Tugiatno lagi.

Tugiatno juga menjelaskan tentang pentingnya PKB-GPAI ini, karena kompetensi dan kinerja Guru PAI perlu peningkatan dan pengembangan secara terukur, sistematis dan berkelanjutan. Hal ini karena mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih rendah, maraknya pemahaman islam radikal pada generasi muda Indonesia.

Adapun Tujuan dari PKB Online ini, masih menurut penjelasan Tugiatno ada 9, yakni:
  1. Meningkatkan dan mengembangkan Kompetensi dan kinerja Guru PAI secara terukur, sistematis dan berkelanjutan
  2. Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 
  3. Menangkal maraknya pemahaman islam radikal pada generasi muda Indonesia
  4. Mengimplementasikan Gerakan Revolusi Mental (Penguatan Pendidikan Karakter pada PAI)
  5. Meningkatkan pemahaman tentang pembelajaran abad 21 
  6. Meminimaslisir distorsi pemahaman materi pelatihan dari tingkat pusat sampai tingkat sekolah
  7. Menyamakan pemahaman tentang konsep dan tata kelola pengembangan keprofesian berkelanjutan yang sistematis dan terukur bagi guru PAI dari Pusat sampai Daerah.
  8. Terwujudnya pemetaan kompetensi guru PAI secara nasional berdasar data real di lapangan
  9. Membangun sistem Evaluasi dan Quality Control Hasil Pelatihan Guru PAI secara berjenjang

“Dan yang menjadi sasaran dalam program PKB GPAI ini adalah Guru PAI PNS/Non PNS tersertifikasi dan Guru PAI PNS/Non PNS belum tersertifikasi dan terdaftar di Sistem Data Kemenag. Dan Jenis kegiatan PKB-GPAI ini ada 3, yakni: Publikasi Ilmiah, Pengembangan diri dan karya novatif.” Tutup Tugiatno. (zhir)

Comments

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete

Post a Comment