Pentingnya Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dalam Pelayanan Publik

Karimun (Inmas) – Salah satu pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Rida Reha Ningsih sedang mengikuti kegiatan Diklat Pelayanan Publik di Balai Diklat Keagamaan Padang, Jl. Batang Kapur Nomor 7 Padang dari tanggal 22 hingga 27 April 2019.

“Kegiatan Pelayanan Publik berlangsung dari tanggal 22 hingga 27 April 2019 dan diikuti sebanyak 30 peserta utusan dari Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Riau, Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatra Barat. Dari Provinsi Kepri ada 2 peserta yakni dari Kemenag Kabupaten Karimun dan dari Kemenag  Kota Tanjung Pinang.” Kata Rida Reha Ningsih melalui pesan Whatsapp, Kamis (25/4/2019).

Banyak materi terkait tentang Pelayanan Publik yang disampaikan oleh narasumber, dan salah satu yang penting adalah tentang perlunya dilakukan SKM (Survei Kepuasan Masyarakat).

“Ada 4 tujuan dari dilaksanakannya SKM, yakni pertama untuk mengetahui kelemahan atau kekuatan dari masing-masing unit penyelenggara pelayanan publik. Kedua, untuk mengukur secara berkala penyelenggaraan pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik. Ketiga, sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan langkah perbaikan pelayanan. Keempat, sebagai umpan balik dalam memperbaiki layanan. Masyarakat terlibat secara aktif mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan publik.” Terang Rida Reha Ningsih.

Dan dengan dilaksanakannya SKM ini, lanjut Rida Reha Ningsih akan mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan, mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik.

Pelaksanaan SKM terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dapat dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengolahan dan penyajian hasil survei, yang mencakup langkah-langkah, sebagai berikut: 

1. Menyusun instrumen survei
2. Menentukan besaran dan teknik penarikan sampel
3. Menentukan responden
4. Melaksanakan survei
5. Mengolah hasil survei
6. Menyajikan dan melaporkan hasil. 

“Insya Allah, nanti usai pelatihan akan dilaporkan kepada pimpinan untuk dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.” Tutupnya.
(zhir)


Comments

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete

Post a Comment