H. Jamzuri Sampaikan Ceramah dalam Kegiatan Safari Zuhur di Masjid Al-Jihad Kecamatan Meral

Karimun (Inmas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Jamzuri, Senin sing (6/5/2019) menyampaikan ceramah agama dalam kegiatan Safari Zuhur di Masjid Al-Jihad – Kecamatan Meral.

Dalam kegiatan tersebut hadir seluruh pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, diantaranya Kasubbag TU, H. Kholif Ihda Rifai, Kasi Bimas Islam H. Riadul Afkar, Kasi Pendis, Tugiatno, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Endang Sry Wahyu dan Kasi Penyelenggara Syariah H. Samsudin.

Dalam ceramahnya H. Jamzuri menyampaikan tentang hikmah puasa, dimana dengan berpuasa akan melatih kecerdasan emosional dan kecerdasan spritual orang yang berpuasa.

“Puasa bukan sekadar menahan lapar dan haus saja, sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Orang yang berpuasa juga harus mampu menahan emosinya yang bisa merusak nilai puasa. Puasa melatih kemampuan kita mengelola emosi sehingga kita bisa mengendalikan emosi kita kepada orang lain. Jika kita dalam keadaan emosi yang stabil maka kita akan mampu mengendalikan amarah.” Ungkap H. Jamzuri.

Dengan mampu mengendalikan emosi dengan baik hasil dari berpuasa juga akan membuat orang yang berpuasa bisa mengarahkan emosiosionalnya yang negatif.

“Puasa juga bisa meningkatkan kecerdasan spritual bagi orang yang bersungguh-sungguh dalam berpuasa, karena dengan berpuasa akan timbul perasaan yang selalu merasa diawasi oleh Allah SWT dalam setiap tindakannya. Kesadaran spiritual ini dalam Islam sama dengan Ihsan, yakni beribadah kepada Allah seolah-olah ia melihat-Nya, dan jika ia tidak mampu melihat-Nya, maka orang tersebut meyakini bahwa Allah melihat semua perbuatannya. Sehingga orang yang berpuasa akan selalu merasa diawasi oleh Allah SWT. Yang apda akhirnya akan melahirkan sikap jujur, amanah dan selalu berbuat baik dan menjauhi perbuatan dosa.” Jelas H. jamzuri lagi.

Terakhir H. Jamzuri mengutip sebuah hadits dari Abu Hurairah RA:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Yang artinya: “Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”  (HR. Bukhari dan Muslim).

Untuk diketahui kegiatan Safari Zuhur ini merupakan kegiatan rutin dari Kantor Kementerian Agama setiap bulan ramadhan dalam rangka mempererat tali silaturrahmi dengan masyarakat. (zhir)


Comments