Ikuti Rapat Evaluasi KLA, Kasi Pendis Tugiatno Akan Jalankan Program Madrasah Ramah Anak

Karimun (Inmas) – Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Tugiatno, Kamis (2/5/2019) kemarin mengikuti kegiatan Rapat Evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak di ruang rapat Mawar Merah, Kantor Bupati Karimun.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh semua instansi Vertikal tersebut, Tugiatno menjelaskan bahwa untuk Kementerian Agama Kabupaten Karimun diminta untuk menjalankan Program Madrasah Ramah Anak.

“Madrasah Ramah Anak maksudnya adalah madrasah yang mempunya komitmen untuk menciptakan madrasah yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya.” Jelas Tugiatno.

Madrasah Ramah Anak ini, lanjut Tugiatno lagi sebagai upaya untuk mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama berada di madrasah, melalui upaya mewujudkan madrasah yang Bersih, Aman, Ramah, Indah, Iinklusif, Sehat, Asri dan Nyaman.

“Insya Allah, kita dukung dan  akan jalankan program Madrasah Ramah Anak ini, karena pada dasarnya, madrasah kita semuanya sudah melaksanakan Madrasah Ramah Anak melalui program Madrasah Sehat.” Tambah Tugiatno.

Dengan melaksanakan program Madrasah Ramah Anak ini, masih menurut Tugiatno, sebagai bentuk keikutsertaan Kementerian Agama dalam mewujudkan Kabutan Layak Anak.

Adapun tujuan dari program Madrasah Ramah Anak ini diantaranya adalah untuk:
  1. Mencegah kekerasan terhadap anak dan warga madrasah lainnya
  2. Mencegah anak mendapatkan kesakitan karena keracunan makanan dan lingkungan madrasah yang tidak sehat
  3. Mencegah kecelakaan di madrasah yang disebabkan prasarana maupun bencana alam
  4. Mencegah anak madrasah menjadi perokok dan pengguna napza
  5. Menciptakan hubungan antar warga madrasah yang lebih baik, akrab dan berkualitas
  6. Memudahkan pemantauan kondisi anak selama anak berada di madrasah
  7. Memudahkan mencapai tujuan pendidikan madrasah
  8. Menciptakan lingkungan madrasah yang hijau dan tertata
  9. Membuat anak menjadi lebih betah di madrasah

 “Selain itu, dari hasil rapat tersebut juga disampaikan agar dari Kementerian Agama juga dapat melaksanakan kegiatan Masjid Ramah Anak dan Pondok Pesantren Ramah Anak. Sebagai bagian dari komitmen untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak.” Terang Tugiatno.

Dalam waktu dekat, Tugiatno menjelaskan akan segera menyurati semua Kepala Madrsah yang ada di Kabupaten Karimun dalam rangka pelaksanaan program Madrasah Ramah Anak ini.

“Nanti kita pelajari dulu, seperti apa konsep dan pelaksanaan dari program Madrasah Ramah Anak ini, nanti akan kita surati atau adakan pertemuan dengan Kepala Madrasah.” Tutup Tugiatno. (zhir)

Comments