Kegiatan Safari Zuhur Pegawai Kemenag Karimun di Masjid Al-Mujahidin Jelutung

Karimun (Inmas) – Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun pada hari kedua Ramadhan 1440 H, Selasa (7/5/2019) ini kembali melaksanakan Safari Zuhur. 

Kegiatan Safari Zuhur kali ini dilaksanakan di Masjid Al-Mujahidin Jelutung Kecamatan Meral Barat dan diikuti sejumlah Pegawai dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dan  KUA Kecamatan Karimun, Meral, Meral Barat dan Tebing.

Sebagai pembawa acara dalam kegiatan Safari Zuhur adalah saudara Anasril dan penceramah adalah H. Sufriadi yang menyampaikan ceramah tentang Keberkahan Ramadhan.

“Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah karena Allah SWT memberi keistimewaan bulan Ramadhan ini. Karena itu hendaknya kita tidak menyia-nyiakan bulan Ramadhan kali ini, karena belum tentu kita akan bertemu lagi dengan Ramadhan tahun depan. Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.”” Kata H. Sufriadi memulai dengan mengutip sebuah hadits.

Ada sejumlah keberkahan yang diberikan Allah SWT di bulan ramadhan ini, kata H. Sufriadi. Yang pertama bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah: 185 yang artinya : “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” 

“Yang kedua adalah setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan, maka Allah akan melipat gandakan pahalanya. Keberkahan lainnya jika kita melihat dari  sisi ekonomi, maka Ramadhan juga memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya. Keberkahan juga bagi mereka yang kurang mampu karena pada bulan ini setiap muslim dianjurkan untuk memperbanyak infaq dan sedekah kepada mereka yang tidak mampu, bahkan kita diwajibkan membayar zakat fitrah untuk fakir miskin.” Tambahnya.

Keberkahan bulan ramadhan yang ketiga adalah di Bulan Ramadhan ini ada satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan ramadhan, malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). 

H. Sufriadi kemudian mengutip ayat Al-Quran surat Al- Qadr ayat 1 sampai 3 yang artinya :”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

Yang keempat adalah, lanjut H. Sufriadi keberkahan ramadhan yakni adalah Bulan Ramadhan sebagai Bulan Pengampunan Dosa sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.(HR.Bukhari dan Muslim).

“Dan terakhir, keberkahan di dalam bulan Ramadhan adalah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta syaithan-syaithan diikat. Dengan demikian, Allah Ta’ala telah memberi kesempatan kepada kita untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang kita kerjakan selama bulan Ramadhan. Dan masih banyak lagi  keberkahan yang terdapat di bulan ramadhan ini, semoga dengan puasa kita pada tahun ini kita semua dapat meraih derajat orang-orang yang bertaqwa.” Tutupnya. (zhir)

Comments