Pegawai Kemenag Karimun Ikut Upacara Hardiknas 2019 di Halaman Kantor Bupati Karimun

Karimun (Inmas) – Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Jumat pagi (3/5/2019) turut serta dalam pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 dan disejalankan dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-23 Tahun 2019.

Dengan mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan - Memajukan Kebudayaan”, upacara bendera Hardiknas 2019 di Kabupaten Karimun langsung dipimpin oleh Bupati Karimun H. Aunur Rafiq.

Pada pelaksanaan upacara tersebut juga diserahkan penghargaan kepada sejumlah insan yang memberi kontributor dalam dunia pendidikan, diantaranya kepada Rumah Tahanan Klas II B Karimun dalam pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan bagi Warga Binaan Rutan, Kementerian Agama Kabupaten Karimun atas kerjasama dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat SMP dan Pendidikan Kesetaraan se-Kabupaten Karimun 2019 dan lainnya.

“Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden  dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait dengan itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.” Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.” Ungkap H. Aunur Rafiq.

“Dalam perspektif pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter  dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan. Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah.” Tambahnya.

Dalam amanatnya, Bupati Karimun H. Aunur Rafiq juga menyampaikan sejumlah prestasi yang telah diraih oleh Kabupaten Karimun sejak tahun 2016 sampai tahun 2019, dan terakhir adalah Juara Umum STQH tingkat Provinsi Kepri tahun 2019 di Kabupaten Bintan.

Terakhir, pada kesempatan tersebut, Bupati Karimun H. Aunur Rafiq atas  nama pribadi keluarga dan Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun menyampaikan permintaan maaf dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H/2019 M yang tidak lama lagi.

“Semoga ramadhan kali ini merupakan ramadhan yang terbaik bagi kita.” Tutup Bupati Karimun H. Aunur Rafiq. (zhir)


Comments