Ka. Kemenag Karimun H. Jamzuri Ikuti Rapat Koordinasi Pembangunan Daerah 3T dan Perbatasan

Karimun (Inmas) -  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Jamzuri saat ini sedang mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pembangunan Daerah 3T (Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar di Indonesia) yang berlangsung dari tanggal 17-21 September 2019 di Mercure Convention Center Ancol JI.Pantai Indah Pademangan, Jakarta Utara.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memantapkan peran Kementerian Agama di Daerah 3T dan Daerah Perbatasan. Yang dilaksanakan oleh Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI.” Kata H. Jamzuri melalui pesan Whatsapp, Kamis (19/9/2019).

Kegiatan Rapat Koordinasi tersebut diikuti sebanyak 150 peserta utusan dari Kanwil Kementerian Agama seluruh Indonesia. Dari Provinsi Kepri diikuti 6 peserta yakni dari Kanwil Kemenag Kepri, Kepala Kemenag Kabupaten Bintan, Kepala Kemenag Kabupaten Karimun, Kepala Kemenag Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepala Kemenag Kabupaten Natuna dan Kepala Kemenag Kota Batam.

Dalam kegiatan tersebut, Ka. Kemenag Kabupaten Karimun sudah menyerahkan data terkait 3T di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, yakni Data Pegawai di Daerah 3T dan Perbatasan terdiri atas 53 pegawai PNS dan 27 pegawai Non-PNS dengan jumlah 80 pegawai.
Sedangkan data Madrasah, Pondok Pesantren di daerah 3T dan Perbatasan di lingkungan Kemenag Kabupaten Karimun yakni tingkat MIN ada 3, tingkat MTsN ada 1, tingkat MAN ada 1. Tingkat MIS ada 99, tingkat MTsS ada 9 dan tingkat MAS ada 5. Adapun untuk pesantren yang masuk 3T ada 14 pesantren, sekolah kristen ada 2 untuk tingkat SDTK, dan 1 Sekolah Katolik. Dan untuk Sekolah Minggu Buddha ada 13 Sekolah Minggu Buddha.

“Untuk data Tenaga Pendidik di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Karimun yang masuk daerah 3T dan Perbatasan terdiri atas 104 PNS dan 359 Non-PNS. Adapun Tenaga Kependidikan PNS sebanyak 4 PNS dan 117 Non-PNS. Total Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama di Kabupaten Karimun sebanyak 584.” Jelas H. Jamzuri.

Lebih lanjut H. Jamzuri menyampaikan sejumlah program dan kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka peningkatan peran Kementerian Agama di Daerah 3T dan Perbatasan, diantaranya adalah Sosialisasi Paham Radikal, Dialog Lintas Agama, Bimbingan Pra Nikah bagi Catin, Bimbingan Pra Nikah bagi Usia Remaja, Bimbingan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Bina Paham Keagamaan, Pembinaan Siswa Sekolah Minggu Buddha dan Pembinaan Manasik Haji. (zhir)

Comments