Program Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Dalam Pembangunan di Wilayah 3T

Karimun (Inmas) – Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah melaksanakan sejumlah program dan kegiatan dalam upaya pembangunan di wilayah 3T (Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar di Indonesia). Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ka. Kemenag Kabupaten Karimun H. Jamzuri yang mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pembangunan Daerah 3T yang berlangsung dari tanggal 17-21 September 2019 di Mercure Convention Center Ancol JI.Pantai Indah Pademangan, Jakarta Utara.

“Sebagaimana halnya dengan Ditjen Bimas Islam, pada Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama sudah melaksanakan sejumlah program dan kegiatan dalam upaya berperan serta dalam pebangunan di wilayah 3T dengan semboyan melayani yang tidak terjangkau, menjangkau yang tidak terlayani. ” Kata H. Jamzuri melalui pesan Whatsapp, Kamis siang (19/9/2019).

Diantara program tersebut adalah Program Binas Kawasan, yakni bantuan insentif pembinaan agama dan keagamaan Islam di wilayah perbatasan. Peserta Program Bina Kawasan ini diikuti sebanyak 50 peserta dalam bentuk kegiatan mengajar PAI di wilayah 3T, mengembangkan program pengabdian masyarakat dan peningkatan keterampilan non-keagamaan bagi siswa dan masyarakat. Program ini menyasar 47 Kabupaten di 22 provinsi se-Indonesia.

Selanjutnya ada Program Guru Kunjung pada pendidikan Agama Islam di SD, SMP, SMA dan SMK, yang melibatkan 75 partisipan (20 guru SD, 20 guru SMP, 20 guru SMA/SMK, 10 Pengawas dan 5 guru PAUD/TK).  Kegiatan yang dilaksanakan dalam program ini diantaranya melakukan pertemuan dengan guru PAI, mengembangkan model pembelajaran PAIKEM dengan maksimal, mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT, penulisan Karya Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler PAI, pelatihan implementasi Kurikulum PAI 2013 dan Budi Pekerti serta tatacara pembuatan laporan kegiatan. Dan tujuan dari program Guru Kunjung yang menyasar 37 Kabupaten di 22 Provinsi ini adalah meningkatnya wawasan dan keterampilan GPAI pada sekolah.

Selain itu ada juga Program Pendidikan Islam di Wilayah 3T lainnya seperti KKN PTKIN (Kuliah Kerja Nyata Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), penyediaan Sarana dan Prasarana Direktorat KSKK (Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan) Madrasah, program Visiting Teacher GTK Madrasah dan Pemberdayaan Ekonomi Pondok Pesantren.

Ka. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun H. Jamzuri juga berharap agar program-program yang telah dirancang oleh Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI bisa sampai di Kabupaten Karimun yang banyak terdiri dari pulau-pulau sehingga bisa menambah pengetahuan dan kompetensi guru PAI, guru madrasah dan guru pondok pesantren yang ada di Kabupaten Karimun.  (zhir)

Comments