Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Kabupaten Karimun

Karimun (Inmas) - Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2019 di Kabupaten Karimun dilaksanakan dalam beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya penanaman pohon, pawai santri, upacara dan istighosah. Kegiatan dilaksanakan di dua tempat, yakni di Pulau Karimun dan di Pulau Kundur.
Di Pulau Karimun peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2019 dipusatkan di Pesantren Ar Raudah Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing, Selasa 22 Oktober 2019 dengan menyelenggarakan upacara peringatan Hari Santri Nasional  dan dilanjutkan dengan dzikir dan istighosah.

Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim selaku inspektur upcara peringatan Hari Santri tersebut menyampaikan pesan kepada para santri untuk tidak ragu lagi untuk menimba ilmu di pesantren. Begitu juga dengan orang tua, jangan ragu menitipkan anak-anaknya untuk menuntut ilmu di pesantren karena saat ini keberadaan pondok pesantren sudah diakui dengan adanya UU tentang Pesantren.

"Jadi jangan ragu lagi untuk belajar di pondok pesantren. Karena pesantren saat ini sudah sama dengan sekolah umum yang lainnya, dalam UU 18 tahun 2019 bahwa pesantren sudah setara dengan sekolah umum yang ada di seluruh Indonesia, jadi tak ada istilahnya tamatan pesantren itu susah masuk perguruan tinggi" ujar Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

Wakil Bupati juga meminta anak-anak pesantren bisa bersaing dengan anak-anak sekolah umum lainnya, baik di tingkat kabupaten, provinsi bahkan sampai nasional.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Santri tersebut berjalan dengan khidmat dan tertib serta diikuti ratusan peserta santri dan santriwati yang ada di Kabupaten Karimun. Dan semua petugas upacara laki-laki menggunakan kain sarung sebagai ciri khas santri pondok pesantren.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan acara dzikir/ istighosah dan doa bersama yang dipimpin Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim yang diikuti Santri dan Santriwati.

Kepada Kakanmenag selaku penyelenggara kegiatan, kedepan pelaksanaan hari santri ini tidak hanya diperuntukan bagi anak pesantren saja akan tetapi anak-anak didik disekolah umum juga diundang pada acara hari santri ini dengan tujuan agar anak-anak didik disekolah umum juga tau terhadap kegiatan yang berada dipesantren,” ujar Anwar Hasyim.

Upacara tersebut, dihadiri Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim M.Si, Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, Dandim 0317/tbk diwakili Letda Inf Kamdi, Anggota dewan Fraksi PKB Nyimas Novi Ujiani, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Karimun Jamzuri, Kapolsek Tebing AKP Fian Agung Wibowo, Para Camat Se-kabupaten Karimun, Para KUA se-kabupaten Karimun, Ketua Ormas Islam se-Kabupaten Karimun, para Tokoh Agama dan ratusan santri dan santriwati yang ada di Kabupaten Karimun. (zhir)

Comments